Pengaruh resiliensi terhadap perilaku asertif siswa SMP Negeri 15 Yogyakarta

Ayu Putri, Sefira (2023) Pengaruh resiliensi terhadap perilaku asertif siswa SMP Negeri 15 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1600001078_JUDUL__230814012041.pdf

Download (833kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1600001078_BAB_I__230814012041.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1600001078_BAB_II__230814012041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1600001078_BAB_III__230814012041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1600001078_BAB_IV__230814012041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1600001078_BAB_V__230814012041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1600001078_DAFTAR_PUSTAKA__230814012041.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1600001078_LAMPIRAN__230814012041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB) | Request a copy

Abstract

Remaja dalam kehidupan sehari-hari akan selalu berinteraksi dengan orang lain. Dengan berinteraksi dengan teman sebaya, salah satu perilaku yang penting untuk dimiliki siswa yaitu perilaku asertif. Perilaku asertif merupakan kemampuan komunikasi untuk mengekspresikan luapan bentuk rasa dalam diri dan pikiran kepada khalayak lain. Ketika berperilaku asertif tetap menjaga dan menghargai perasaan orang lain. Faktanya belum semua siswa memiliki perilaku asertif. Perilaku yang tidak asertif ini biasanya bersifat emosional, tidak jujur dan tidak langsung, terhambat dan menolak diri sendiri. Berperilaku asertif harus diterapkan dalam kegiatan individu setiap harinya agar dapat mengkomunikasikan perasaan dan pikiran dengan efektif, jujur, dan tegas tanpa ada tekanan dari orang lain atau lingkungan. Selain berperilaki asertif diperlukan resiliensi bagi siswa. Resiliensi dapat diartikan sebagai suatu kemampuan individu untuk beradaptasi, bangkit dari kesulitan, dan pulih dari tekanan atau stres yang dialami. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh resiliensi terhadap perilaku asertif.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model korelasional. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 15 Yogyakarta dengan populasinya siswa kelas VII, VIII, dan IX. Total sampe yang digunakan sejumlah 72 siswa. Variabel yang digunakan yaitu resilensi sebagai variabel bebas dan perilaku asertif sebagai variable terikat. Instrument yang digunakan, yaitu skala resiliensi dan skala perilaku asertif. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan alat bantu program SPSS menunjukkan bahwa uji normalitas variabel resiliensi dan perilaku asertif dengan, nilai one sample Kolmogorov-smirnov pada kedua variabel penelitian memperoleh hasil Sig.0,05 yaitu 0,036. maka dapat disimpulkan bahwa data pada kedua variable tidak berdistribusi normal sedangkan pada uji linieritas Deviaton From Linearity memiliki nilai sebesar 0,100 maka nilai Sig. Deviaton From Linearity 0,80 > 0,05 maka dari itu dikatakan bersifat linier. Selanjutnya peneliti memperoleh hasil uji regresi linier sederhana yaitu dengan hasil tabel anova dengan nilai F_hitung 1.425 dengan tingkat signifikansi 0,237 > 0,05. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada hubungan resiliensi terhadap perilaku asertif.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Resiliensi, perilaku asertif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 18 Oct 2024 07:38
Last Modified: 18 Oct 2024 07:38
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76467

Actions (login required)

View Item View Item