Maulida, Dwita (2023) Pengembangan media pop-up book tentang komunikasi interpersonal pada remaja. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800001061_JUDUL__230206013524.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800001061_BAB_I__230206033628.pdf Download (307kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800001061_BAB_II__230206033628.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800001061_BAB_III__230206033628.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800001061_BAB_IV__230206033628.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800001061_BAB_V__230206014049.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001061_DAFTAR_PUSTAKA__230206014049.pdf Download (280kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800001061_LAMPIRAN__230206014049.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Komunikasi interpersonal merupakan suatu kemampuan atau keterampilan dasar bagi setiap manusia untuk berinteraksi dengan orang lain, terutama pada remaja SMP. Dalam kenyataannya kemampuan komunikasi interpersonal siswa masih kurang. Berdasarkan hasil studi pendahuluan dengan metode wawancara kepada Guru BK terkait rendahnya komunikasi interpersonal, ditemukan data di kelas bahwa masih terdapat siswa yang tingkat kemampuan interpersonal masih kurang. Komunikasi interpersonal antar siswa yang kurang mengakibatkan kesalahpahaman dan tersinggung oleh pembicaraan temannya bahkan pernah beberapa kali hampir terjadi perkelahian. Oleh karena itu peneliti memberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan media pop-up book. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pop-up book tentang komunikasi interpersonal yang dapat digunakan oleh guru BK sebagai media dalam melaksanakan layanan bimbingan kelompok.
Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan metode Borg and Gall sampai pada tahap 5 yaitu 1) meneliti dan mengumpulkan informasi; 2) merencanakan; 3) mengembangkan desain awal produk; 4) menguji desain awal produk; 5) merevisi produk utama. Uji kelayakan produk yang digunakan dalam penelitian ini yaitu validasi materi, validasi media dan validasi layanan BK. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Berdasarkan hasil penilaian ahli materi, media, dan ahli layanan. Hasil penilaian ahli materi memperoleh sebesar 80 sangat baik, Ahli media sebesar 87,5 sangat baik, dan ahli layanan sebesar 92,5 sangat baik. Berdasarkan hal tersebut maka media pop-up book layak digunakan siswa SMP untuk meningkatkan komunikasi interpersonal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pop-up book, komunikasi interpersonal, media layanan BK |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 07:48 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 07:48 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76481 |
Actions (login required)
View Item |