AJI SUBRATA, FAUZAN (2023) Strategi pelestarian kearifan lokal melalui pendidikan kemataraman di SD Negeri Pagerharjo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1600005228_JUDUL__230302095724.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1600005228_BAB_I__230302095724.pdf Download (379kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1600005228_BAB_II__230302095724.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1600005228_BAB_III__230302095724.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1600005228_BAB_IV__230302095724.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1600005228_BAB_V__230302095724.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600005228_DAFTAR_PUSTAKA__230302095724.pdf Download (604kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1600005228_LAMPIRAN__230302095724.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1600005228_NASKAH_PUBLIKASI__230302095724.pdf Download (542kB) |
Abstract
Budaya adiluhung mulai luntur tegerus arus globlasisasi, mengakibatkan krisis etika, moral, dan karakter bangsa, oleh karena itu budaya Kemataraman diharapkan dapat mengembalikan kehidupan dengan filosofi tinggi, serta nilai dan norma. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana strategi pelestarian kearifan lokal di SD Negeri Pagerharjo serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat integrasi nilai budaya kemataram yang dilaksanakan dalam kegiatan intrakulikuler maupun ekstrakulikuler.
Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus yaitu penelitian yang berusaha untuk menemukan fakta dan fenomena berdasarkan interpretasi dari orang-orang yang terlibat dalam penelitian. Strategi pelaksanaan pelestarian kearifan lokal di SD Negeri Pagerharjo meliputi 3 indikator yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan subjek kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Sedangkan objek penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi strategi pelestarian kearifan lokal di SD Negeri Pagerharjo. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis model Miles and Huberman (2009) (Interactive Model of Analysis).
Hasil penelitian ini mendeskripsikan strategi pelestarian kearifan lokal di SD Negeri pagerharjo, perencanaan berjalan dengan baik, guru menyusun RPP berdasarkan silabus, sekolah menyediakan media dan perangkat pendukung budaya Kemataraman. Budaya Kemataraman di laksanakan di dalam nkegiatan ekstrakulikuler dan intrakulikuler secara fleksibel. Evaluasi budaya Kemataraman di laksanakan harian maupun bulanan, dengan ujian praktik ataupun tes tertulis. Hasil penelitian ini mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pengintegrasian nilai budaya kemataraman dalam kegiatan ekstrakulikuler maupun intrakulikuler. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan faktor pendukung yaitu, adanya perangkat pembelajaran, media, dan alat peraga, tenaga pendidik yang mampu menghadirkan pembelajaran secara fleksibel, didukung dengan materi dan silabus yang sudah ditentukan. Sedangkan terdapat hambatan yaitu, alokasi waktu yang kurang, jumlah alat peraga terbatas, tidak terpenuhinya tenaga ahli pada bidang atau materi tertentu, siswa terkadang tidak hadir secara menyeluruh sehingga tertinggal materinya dengan siswa lain, guru kesulitan dalam menetukan kkm.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Strategi pelestarian, kearifan lokal, pendidikan kemataraman |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 07:52 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 07:52 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76484 |
Actions (login required)
View Item |