Penerapan metode takrir dalam pembelajaran Al-Quran di TPA Al-Ittihad di Desa Ngipik Bumirejo Lendah Kulon Progo

Rahmanti, Nanik (2023) Penerapan metode takrir dalam pembelajaran Al-Quran di TPA Al-Ittihad di Desa Ngipik Bumirejo Lendah Kulon Progo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900331034_JUDUL__230321073632.pdf

Download (752kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900331034_BAB_I__230321073632.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900331034_BAB_II__230321073632.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900331034_BAB_III__230321073632.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900331034_BAB_IV__230321073418.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900331034_BAB_V__230321073418.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900331034_DAFTAR_PUSTAKA__230321073418.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900331034_LAMPIRAN__230321073418.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh santriwan dan santriwati mengalami kesulitan pada saat proses belajar Al-Quran dalam meningkatkan hafalannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana; (1) Penerapan metode takrir dalam pembelajaran Al-Quran di TPA Al-Ittihad, Desa Ngipik, Bumirejo, Lendah Kulon Progo; (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pada penerapan metode takrir dalam pembelajaran Al-Quran di TPA Al-Ittihad.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data yang cukup dan valid. Kemudian memeriksa keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu, setelah itu dianalisis data dengan mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode takrir yang dilakukan di TPA Al-Ittihad dalam pembelajaran Al-Quran dengan menggunakan tiga teknik yaitu: takrir sendiri, takrir bersama, dan takrir dihadapan guru atau ustadz. Faktor pendukung pada penerapan metode takrir dalam pembelajaran Al-Quran yang peneliti temukan di TPA Al-Ittihad yaitu penguasaan ilmu yang dimiliki guru atau ustadz, dukungan dari orang tua santri, pengaruh teman dan lingkungan sekitar. Kemudian faktor penghambat pada penerapan metode takrir dalam pembelajaran Al-Quran di TPA Al-Ittihad ialah kondisi santri yang masih labil, kurangnya jumlah ustadz, keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Metode takrir, pembelajaran Al-Quran, TPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 16 Oct 2024 03:25
Last Modified: 16 Oct 2024 03:25
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76503

Actions (login required)

View Item View Item