Rahmanti, Nanik (2023) Penerapan metode takrir dalam pembelajaran Al-Quran di TPA Al-Ittihad di Desa Ngipik Bumirejo Lendah Kulon Progo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900331034_JUDUL__230321073632.pdf Download (752kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900331034_BAB_I__230321073632.pdf Download (328kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900331034_BAB_II__230321073632.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900331034_BAB_III__230321073632.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900331034_BAB_IV__230321073418.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900331034_BAB_V__230321073418.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900331034_DAFTAR_PUSTAKA__230321073418.pdf Download (262kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900331034_LAMPIRAN__230321073418.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh santriwan dan santriwati mengalami kesulitan pada saat proses belajar Al-Quran dalam meningkatkan hafalannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana; (1) Penerapan metode takrir dalam pembelajaran Al-Quran di TPA Al-Ittihad, Desa Ngipik, Bumirejo, Lendah Kulon Progo; (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pada penerapan metode takrir dalam pembelajaran Al-Quran di TPA Al-Ittihad.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data yang cukup dan valid. Kemudian memeriksa keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu, setelah itu dianalisis data dengan mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode takrir yang dilakukan di TPA Al-Ittihad dalam pembelajaran Al-Quran dengan menggunakan tiga teknik yaitu: takrir sendiri, takrir bersama, dan takrir dihadapan guru atau ustadz. Faktor pendukung pada penerapan metode takrir dalam pembelajaran Al-Quran yang peneliti temukan di TPA Al-Ittihad yaitu penguasaan ilmu yang dimiliki guru atau ustadz, dukungan dari orang tua santri, pengaruh teman dan lingkungan sekitar. Kemudian faktor penghambat pada penerapan metode takrir dalam pembelajaran Al-Quran di TPA Al-Ittihad ialah kondisi santri yang masih labil, kurangnya jumlah ustadz, keterbatasan waktu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Metode takrir, pembelajaran Al-Quran, TPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 03:25 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 03:25 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76503 |
Actions (login required)
View Item |