ANNISA, LINA (2023) Pengembangan media Lectora Inspire pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas III Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1600005319_JUDUL__230709041149.pdf Download (681kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1600005319_BAB_I__230709041149.pdf Download (170kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1600005319_BAB_II__230709041149.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1600005319_BAB_III__230709041149.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1600005319_BAB_IV__230709041149.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1600005319_BAB_V__230709041149.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600005319_DAFTAR_PUSTAKA__230709041149.pdf Download (184kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1600005319_LAMPIRAN__230709041149.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1600005319_NASKAH_PUBLIKASI__230709041149.pdf Download (769kB) |
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan dalam kurikulum Indonesia yang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Karena matematika berperan dalam membekali kemampuan berpikir logis, sistematis, dan kritis. Akan tetapi ojek matematika yang bersifat abstrak menjadikan matematika sebagai mata pelajaran yang dirasa sulit. Sehingga perlu adanya media atau sarana dalam pelaksanaan pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui langkah-langkah, kualitas, dan kelayakan media Lectora Inspire pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas III sekolah dasar.
Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D. model pengembangan 4D memiliki 4 tahapan, yakni Definei, Design, Development, dan Dessimination. Teknik pengumpulan data berupa lembar penilaian yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, guru, dan peserta didik. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Lectora Inspire yang dikembangkan mendapat penilaian dari ahli media diperoleh prosentase sebesar 77,3% dengan kategori “Baik”, ahli materi diperoleh prosentase sebesar 88% dengan kategori “Sangat Baik”, ahli pembelajaran diperoleh prosesntase sebesar 86,6% dengan kategori “Sangat Baik”. Respon guru dan peserta didik yang dilakukan di SD Negeri 2 Parikesit, respon guru memperoleh prosentase 96% dengan kategori “Sangat Baik” dan respon peserta didik pada uji coba terbatas diperoleh prosesntase sebesar 100% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media Lectora Inspire pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas III sekolah dasar dapat dikategorikan memiliki kualitas yang “Sangat Baik” dan layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media pembelajaran lectora inspire, matematika, pecahan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:18 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 04:18 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76510 |
Actions (login required)
View Item |