Maulidya, Elsa (2023) Implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk meningkatkan kemandirian dan kemampuan berpikir kritis matematika materi bangun ruang peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Prambanan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005097_JUDUL__230823124232.pdf Download (994kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005097_BAB_I__230824080412.pdf Download (148kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005097_BAB_II__230823124232.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005097_BAB_III__230823124232.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005097_BAB_IV__230823124232.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005097_BAB_V__230823124232.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005097_DAFTAR_PUSTAKA__230823124232.pdf Download (195kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005097_LAMPIRAN__230823124232.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005097_NASKAH_PUBLIKASI__230823124232.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang tidak memperhatikan penjelasan dari guru yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang tidak melibatkan peserta didik secara langsung dalam proses pembelajaran, dimana guru menjelaskan materi secara penuh sehingga menyebabkan mereka kesulitan dalam mengingat materi bangun ruang. Disisi lain, peserta didik lebih banyak mengobrol satu sama lain sehingga hal tersebut berpengaruh kepada rendahnya kemandirian dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran matematika materi bangun ruang kelas V SD Muhammadiyah Prambanan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindak kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Langkah-langkah PTK terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Prambanan yang terdiri dari 25 peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Project Based Learning yang diterapkan pada pembelajaran matematika materi bangun ruang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, pretest posttest, lembar angket, dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan tindakan pada setiap siklusnya yaitu adanya peningkatan kemandirian dari jumlah peserta didik sebesar 85% dengan kategori baik dan peningkatan kamampuan berpikir kritis sebesar 80% dari jumlah peserta didik.
Hasil penelitian pada pembelajaran matematika materi bangun ruang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemandirian dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini dapat terlihat dari persentase peningkatan kemandirian belajar peserta didik pada siklus I pertemuan I sebesar 52% (kurang), siklus I pertemuan II 64% (cukup), siklus II pertemuan I 80% (baik), dan pada siklus II pertemuan II sebesar 92% (sangat baik). Peningkatan persentase kemampuan berpikir kritis juga terlihat pada siklus I pertemuan I sebesar 58,75% (kurang) meningkat menjadi 68,25% (kurang), siklus II pertemuan I sebesar 76% (baik) pada pertemuan II meningkat menjadi 86,5% (sangat baik). Penelitian ini berkontribusi untuk meningkatkan mutu pembelajaran melalui model pembelajaran Project Based Learning.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kemandirian, kemampuan berpikir kritis, matematika, bangun ruang, model pembelajaran project based learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:27 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 04:27 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76512 |
Actions (login required)
View Item |