Munir, Abdul (2024) Pengembangan media video animasi dengan kinemaster untuk pembelajaran fisika pada topik gerak parabola kelas X SMA. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2007041006_JUDUL__240628081514.pdf Download (783kB) |
|
Text (BAB I)
T2_2007041006_BAB_I__240707090511.pdf Download (132kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2007041006_BAB_II__240707090511.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2007041006_BAB_III__240707090511.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2007041006_BAB_IV__240707090511.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2007041006_BAB_V__240707090511.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2007041006_DAFTAR_PUSTAKA__240707090511.pdf Download (94kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2007041006_LAMPIRAN__240707090608.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T2_2007041006_NASKAH_PUBLIKASI__240625070136.pdf Download (284kB) |
Abstract
Pada dasarnya fisika ialah suatu cabang ilmu sains yang pemaparannya bisa
meningkatkan berpikir analitis peserta didik. Kemampuan berpikir ini bisa dikembangkan
menggunakan berbagai peristiwa fenomena alam sebagai wujud implementasi dari
pengetahuan fisika. Fisika menjadi mata pelajaran yang di benci oleh peserta didik.
Kecenderungan ini biasanya dimulai saat proses pembelajaran yang memberikan kesan
bahwa fisika menjadi pelajaran yang sulit dan terkesan sangat serius serta berhubungan
dengan konseptual, pemahaman materi pembelajaran, masalah kompleks melalui
pendekatan numerik, sampai praktikum yang mereka lakukan dan cenderung sangat
membosankan. Peserta didik juga kurang memahami konsep pembelajaran fisika. Hal ini
dikarenakan pada proses pembelajaran yang bersifat teacher center learning, peserta didik
menjadi kurang aktif, minat belajar kurang, serta peserta didik tidak dapat belajar mandiri
tanpa adanya guru.
Dan ada juga beberapa permasalahan yang ditemukan. Pertama, materi gerak parabola
merupakan salah satu materi dalam pembelajaran fisika yang memiliki banyak persamaan
sehingga memerlukan kemampuan berpikir kritis. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan
tengah semester siswa kelas X SMA pada mata pelajaran fisika tahun pelajaran 2020, dari
22 peserta didik hanya 37% yang tuntas mencapai nilai memenuhi KKM sedangkan 63%
lainnya masih mendapatkan nilai tidak memenuhi KKM tersebut. Kedua, metode
pembelajaran yang digunakan masih dilakukan dengan metode ceramah, menghafal dan
menggambarkan. Hal ini akan sulit untuk diingat oleh peserta didik, apalagi jika dalam
pembelajaran tidak meninggalkan kesan yang mendalam. Ketiga, peserta didik sering
merasa bingung dan bosan dalam proses pembelajaran dikarenakan terbatasnya serta
kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dalam mengajar. Hal ini
tentu menurunkan minat dan motivasi belajar peserta didik.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R & D). Objek
penelitian ini adalah video animasi berbasis aplikasi kinemaster dalam pembelajaran fisika
pada materi gerak parabola. Penelitian pengembangan media video animasi menggunakan
aplikasi kinemaster ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran
fisika pada topik gerak parabola di SMAN 2 Donggo. Instrumen pengumpulan data yang
digunakan berupa validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan angket respon
peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan cara menganalisis skor
persentase penilaian validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang didapatkan dari
validasi memenuhi kategori sangat layak dari ahli materi dengan rata-rata 9,75%, ahli
media sebesar 90,22%. Adapun hasil angket respon peserta didik setelah dilakukan
validasi terhadap video animasi oleh para ahli, hasil penilaian dari responden dengan rata-
rata 79,5%. Berdasarkan hasil perolehan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran video animasi dengan kinemaster sangat valid digunakan sebagai media
pembelajaran fisika pada topik gerak parabola.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Media embelajaran, video animasi, gerak parabola |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 01:18 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 01:18 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76549 |
Actions (login required)
View Item |