Amalia Izzati, Alifa (2024) Pengaruh gaya mengajar guru dan prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar pendidikan tarikh peserta didik di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031191_JUDUL__240704045059.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031191_BAB_I__240704045059.pdf Download (253kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031191_BAB_II__240704045059.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000031191_BAB_III__240704045059.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031191_BAB_IV__240704045059.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000031191_BAB_V__240704045059.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031191_DAFTAR_PUSTAKA__240705085445.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031191_LAMPIRAN__240704051020.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Gaya mengajar guru adalah ciri kebiasaan dan kesukaan yang penting dalam hubungan dengan peserta didik, gaya mengajar sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar, gaya mengajar guru yang efektif dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan siswa dalam belajar. Namun, permasalahan yang muncul sekarang, banyak ditemui di lingkungan sekolah salah satunya prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik adalah kecenderungan siswa untuk menunda-nunda pekerjaan atau tugas akademik, yang dapat berdampak negatif pada pencapaian belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya mengajar guru dan prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan tarikh. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui pengaruh gaya mengajar guru dan prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta dengan mengambil sampel sebanyak 133 siswa dari total seluruh siswa 199 siswa di SMP Muhammdiyah 7 Yogyakarta. Penarikan sampel dalam penelitian ini didasarkan pada kaidah probability sampling dengan teknik simple random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu gaya mengajar guru (X1) dan prokrastinasi akademik (X2) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y). Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu berupa angket. Peneliti menggunakan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji korelasi Spearman Rank dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 23 for Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, tidak terdapat pengaruh antara gaya mengajar terhadap hasil belajar pendidikan Tarikh didapatkan pada nilai variabel gaya mengajar terhadap Hasil Belajar sebesar 0,632, hal tersebut menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) > dari 0,05 yang artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel gaya mengajar dengan variabel hasil belajar, Sedangkan hasil analisis pada variabel Prokrastinasi Akademik terhadap Hasil Belajar didapatkan pada nilai sebesar 0,208, yang mana nilai Sig.(2-tailed) > dari 0,05 maka artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel Prokrastinasi Akademik dengan variabel Hasil Belajar. Dengan demikian, hasil penelitian H1a, H2a, dan H3a ditolak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Peserta didik, SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta, gaya mengajar, prokrastinasi akademik, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 07:01 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 07:01 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76575 |
Actions (login required)
View Item |