Keefektifan layanan konseling kelompok teknik self management untuk mereduksi kecanduan game online di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta

HASHEMI MAHENDRA RASYID, DICKY (2023) Keefektifan layanan konseling kelompok teknik self management untuk mereduksi kecanduan game online di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800001212_JUDUL__230622044124.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800001212_BAB_I__230622044124.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800001212_BAB_II__230622044124.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800001212_BAB_III__230622044124.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800001212_BAB_IV__230622044124.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800001212_BAB_V__230622044124.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001212_DAFTAR_PUSTAKA__230622044124.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800001212_LAMPIRAN__230622044124.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy

Abstract

Internet menjadi sumber informasi dan alat bantu manusia untuk menghubungkan dengan dunia luar. Namun internet juga membawa dampak negative seperti kecanduan game online. Menurut hasil survei di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. terdapat permasalahan terkait kecanduan game online masuk dalam kategori tinggi yang menyebabkan prestasi belajar menurun. Berkaitan dengan permasalahan kecanduan game online ini, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui konseling kelompok teknik self-management efeektif atau tidaknya mereduksi kecanduan game online.
Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Peneliti melakukan pretest pada 30 siswa menggunakan skala psikologis kecanduan game online yang kemudian diambil 9 subjek untuk diberikan layanan konseling kelompok menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistic non-Parametrik menggunakan Wilcoxon Signed Rank.
Hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan uji statistic non-Parametrik yaitu uji Wilcoxon Signed Rank karena data tidak berdistribusi normal. Kemudian didapatkan hasil perbandingan menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) yaitu (0,008) < nilai alpha (α) = (0,05), yang mempunyai arti berdasarkan pengambilan keputusan bahwa jika nilai Sig. (2-tailed) yaitu (0,008) < nilai alpha (0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan skor pretest dan posttest. Sehingga didapati kesimpulan bahwa layanan konseling kelompok teknnik self management efektif untuk mereduksi kecanduan game online pada siswa SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Game online, self management, konseling kelompok
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 21 Oct 2024 08:32
Last Modified: 21 Oct 2024 08:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76776

Actions (login required)

View Item View Item