Nurhasanah, Afifah (2023) Implementasi budaya literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca peserta didik di SD Muhammadiyah Sagan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800005002_JUDUL__230126111440.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800005002_BAB_I__230126111440.pdf Download (328kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800005002_BAB_II__230126111440.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800005002_BAB_III__230126111440.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800005002_BAB_IV__230126111440.pdf Restricted to Registered users only Download (982kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800005002_BAB_V__230126111440.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005002_DAFTAR_PUSTAKA__230126111440.pdf Download (417kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800005002_LAMPIRAN__230126111440.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005002_NASKAH_PUBLIKASI__230126111440.pdf Download (770kB) |
Abstract
Masih banyak peserta didik yang kurang berminat membaca. Upaya untuk menumbuhkan minat baca peserta didik salah satunya melalui implementasi budaya literasi di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan implementasi budaya literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca peserta didik di SD Muhammadiyah Sagan, faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan budaya literasi di sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru kelas III, guru kelas IV, petugas perpustakaan, dan peserta didik. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi budaya literasi dalam menumbuhkan minat baca peserta didik di SD Muhammadiyah sagan dilaksanakan melalui tiga tahapan. Pertama tahap perencanaan yang meliputi penyusunan tim penanggung jawab program dan sosialisasi program. Kedua tahap pelaksanaan melalui kegiatan sukses pagi, pojok baca, mading, poster, perpustakaan halilintar dan perpustakaan keliling. Ketiga yaitu tahap evaluasi melalui penilaian melalui tes baik lisan maupun tertulis. 2) faktor pendukung implementasi budaya literasi di SD Muhammadiyah Sagan meliputi fasilitas yang mendukung pelaksanaan program budaya literasi, dan kerjasama antar tenaga pengajar serta dukungan dari orang tua peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu terletak pada kondisi dan semangat peserta didik yang berbeda-beda dalam berliterasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Budaya literasi, implementasi, minat baca, peserta didik sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 08:48 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 08:48 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76781 |
Actions (login required)
View Item |