Maulana, Muhammad (2023) Internalisasi budaya literasi pembelajaran syarah bagi mahasiswa dan relevansinya terhadap pendidikan Islam (studi kasus Gerakan Surah Buku di Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1600031032_JUDUL__230220091341.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1600031032_BAB_I__230210022738.pdf Download (370kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1600031032_BAB_II__230210022738.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1600031032_BAB_III__230210022738.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1600031032_BAB_IV__230210022738.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1600031032_BAB_V__230210022738.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600031032_DAFTAR_PUSTAKA__230210022738.pdf Download (118kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1600031032_LAMPIRAN__230210022738.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan membaca dan menulis dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan bersikap kreatif terhadap fenomena kehidupan. Melihat Indeks Dimensi Kecakapan di Indonesia yang belum merata dan masih tergolong rendah, dengan kemunculan taman baca dan pustaka berjalan menjadi salah satu alternatif penyelesaian masalah rendahnya tingkat literasi di kalangan siswa atau mahasiswa, terutama di Indonesia. Penelitian ini akan meneliti studi kasus terhadap Gerakan Surah Buku (GSB) yang muncul pada tahun 2017. Gerakan yang tidak hanya membaca namun juga mendalami isi buku secara bersama-sama. Gerakan ini terinspirasi dari surah kitab yang telah dipraktikkan selama ratusan tahun di Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui latar belakang kemunculan GSB di Yogyakarta, mengetahui internalisasi GSB dalam membudayakan literasi bagi mahasiswa, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam internalisasi budaya literasi melalui GSB. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus dan studi lapangan. Sehingga dalam penelitian ini menunjukkan hasil bahwa: (1) GSB sebagai gerakan membaca yang mempopulerkan kembali konsep belajar di Dayah melalui praktik surah di Yogyakarta; (2) dalam proses internalisasi budaya literasi bagi mahasiswa, GSB menyediakan kelas surah dan buku. Sementara pelaku di GSB meliputi pesurah (pembaca teks buku) dan peserta surah (pendengar); (3) GSB juga melaksanakan kegiatan yang tidak berpusat pada buku. Kegiatan seperti Surah HAM, Surah Luwa, Surah Musik, Surah Politik, Surah Aceh, Surah Film, dan juga kolaborasi bersama beberapa komunitas serta relevansinya dengan pendidikan Islam; (4) hingga kini GSB telah menyelesaikan bacaan sebanyak 10 buku di kelas surah yang tersebar di berbagai daerah, terutama di Aceh maupun di Yogyakarta itu sendiri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Gerakan, internalisasi, surah, minat baca, literasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 04:14 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 04:14 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76831 |
Actions (login required)
View Item |