Rarasati Indah Prayogi, Aprillia (2023) Efektivitas konseling kelompok teknik self managament untuk mereduksi prokrastinasi akademik di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800001161_JUDUL__230301015104.pdf Download (895kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800001161_BAB_I__230301015104.pdf Download (144kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800001161_BAB_II__230301015104.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800001161_BAB_III__230301015104.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800001161_BAB_IV__230301015104.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800001161_BAB_V__230301015104.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001161_DAFTAR_PUSTAKA__230301015104.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
Abstract
Prokrastinasi akademik adalah suatu bentuk penundaan yang disengaja dalam pekerjaan akademik ketika dimulai atau diselesaikan, mengetahui bahwa penundaan dapat berdampak negatif. Tujuan penelitian guna mengetahui keefektifan konseling kelompok teknik self management untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa di kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimen design menggunakan model one group pre test post test design. Kemudian penentuan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Lalu sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 2 Kalasan yaitu 4 orang siswa. Data yang terkumpul dalam bentuk kuantitatif (angka) kemudian dianalisis secara statistik menggunakan program (Statistical Package For Social Sciens) SPSS dan penggunaan analisis statistic pada penelitian ini menggunakan t-test.
Bahwa hasil riset penelitian ini yaitu layanan konseling kelompok teknik self management efektif dalam jangka pendek untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 2 Kalasan dan terbukti kebenarannya yang ditunjukkan dari koefisien t-hitung dengan signifikansinya 0,019 dikatakan efektif jika kurang dari 0,05. Akan tetapi dalam jangka panjang konseling kelompok teknik self management tidak efektif untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa dengan nilai signifikansi 0,083 dimana dikatakan tidak efektif jika lebih dari 0,05, lalu penyebab ketidak efektifan dari penelitian ini yaitu dikarenakan proses konseling yang terlalu cepat sehingga pemberian layanan kurang maksimal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Prokrastinasi, konseling kelompok, self management |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 06:18 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 06:18 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76832 |
Actions (login required)
View Item |