Khairunnisa, Indah (2023) Upaya penanaman nilai-nilai agama Islam melalui metode pembiasaan dan keteladanan di TK Aba Al-Muhajirin Muja Muju Umbulharjo Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031192_JUDUL__230220030849.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031192_BAB_I__230220030849.pdf Download (274kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031192_BAB_II__230220030849.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031192_BAB_III__230220030849.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031192_BAB_IV__230220030849.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031192_BAB_V__230220030849.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031192_DAFTAR_PUSTAKA__230220030849.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031192_LAMPIRAN__230220030849.pdf Restricted to Registered users only Download (900kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah terkait dengan kegiatan penanaman nilai-nilai agama Islam pada anak usia dini yang dianggap lebih sulit jika dibandingkan dengan pembelajaran umum seperti membaca, menulis, berhitung dan lain sebagainya. Meskipun demikian, terdapat beberapa metode pembelajaran yang dianggap efektif dalam pembelajaran agama Islam pada anak usia dini khususnya adalah metode pembiasaan dan keteladanan. Sehingga, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji lebih dalam terkait upaya penanaman nilai-nilai agama Islam melalui metode pembiasaan dan keteladanan di TK ABA Al-Muhajirin, serta terkait dengan kendala dan solusi yang ditawarkan oleh pihak TK ABA Al-Muhajirin.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah sumber data primer yang bersumber dari kepala sekolah dan dua orang guru, serta sumber data sekunder yang bersumber dari referensi-referensi seperti buku, jurnal, dan lain-lain. Teknik keabsahan data yaitu dengan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan member check. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama, upaya penanaman nilai-nilai agama Islam melalui metode pembiasaan dan keteladanan diaplikasikan dengan kegiatan mengucapkan salam dan berjabat tangan, membaca iqra’, menghafal surat pendek, menghafal hadits, menghafal do’a sehari-hari, shalat dhuha, shalat dzuhur berjamaah, serta kegiatan pembiasaan dan keteladanan lain yang dilakukan secara spontan seperti berterima kasih, meminta maaf, membuang sampah pada tempatnya, dan lain-lain. Kedua, kendala yang dihadapi dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam melalui metode pembiasaan dan keteladanan adalah rendahnya motivasi dari orang tua dan ketertinggalan pembelajaran dari peserta didik. Ketiga, solusi yang diadopsi untuk mengatasi kendala penanaman nilai-nilai agama Islam melalui metode pembiasaan dan keteladanan adalah kegiatan sosialisasi rutin antara pihak sekolah dengan orang tua peserta didik, program syiar, serta upaya pengembangan kompetensi guru.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Nilai-nilai agama islam, pembiasaan, dan keteladanan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 04:22 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 04:22 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76836 |
Actions (login required)
View Item |