Kencana Sari, Novia (2024) Pengembangan media pembelajaran mathquest berbasis aplikasi untuk anak tunarungu di SLB Islam Qothrunnada. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000006035_JUDUL__240729013829.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000006035_BAB_I__240729084911.pdf Download (240kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000006035_BAB_II__240729084911.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000006035_BAB_III__240729084911.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000006035_BAB_IV__240729084911.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000006035_BAB_V__240729084911.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006035_DAFTAR_PUSTAKA__240729084911.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000006035_LAMPIRAN__240729084911.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB Islam Qothrunnada. Dimana terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan yaitu siswa tunarungu mengalami kesulitan dalam mengabstraksi soal matematika, bahan ajar yang digunakan terbatas dalam mengakomodasi kekurangan maupun karakteristik siswa tunarungu, serta terdapat beberapa siswa yang masih belum dapat menghafal angka satuan hingga ratusan. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi yang Bernama MathQuest pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan fitur-fitur yang diharapkan mampu mengakomodasi karakteristik dari siswa tunarungu.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE) dengan subjek penelitian yaitu siswa-siswa kelas III di SLB Islam Qothrunnada dengan instrumen penelitian yaitu berupa angket. Angket tersebut meliputi angket untuk ahli media dan ahli materi. Setelah ahli materi dan ahli media memvalidasi media pembelajaran tersebut, maka selanjutnya media pembelajaran akan diujicobakan ke dalam kelas kecil untuk mengetahui kepraktisan dari media pembelajarannya tersebut.
Hasil dari penelitian yang didapatkan sebagai berikut : 1) skor ahli materi dan ahli media masuk kedalam kategori sangat valid; 2) hasil respon siswa dan guru terhadap media pembelajaran masuk kedalam kategori sangat praktis. Dengan hasil tersebut, media pembelajaran dapat melalui uji kefektivitasannya untuk dapat digunakan saat pembelajaran di kelas. Namun, peneliti tidak melakukan tahap tersebut pada penelitian ini. Sehingga media saat ini belum dapat langsung digunakan di pembelajaraan dan perlu diadakan penelitian lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media pembalajaran, aplikasi, mathquest, penjumlahan dan pengurangan, anak tunarungu |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 04:24 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 04:24 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76870 |
Actions (login required)
View Item |