Identifikasi keharmonisan keluarga pada siswa kelas XI dan XII SMK Alhikmah Gubukrubuh tahun ajaran 2024/2025

Al Hasna, Haula (2024) Identifikasi keharmonisan keluarga pada siswa kelas XI dan XII SMK Alhikmah Gubukrubuh tahun ajaran 2024/2025. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1700001173_JUDUL__240730015654.pdf

Download (879kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1700001173_BAB_I__240730085908.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1700001173_BAB_II__240730085908.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1700001173_BAB_III__240730085908.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1700001173_BAB_IV__240730085908.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1700001173_BAB_V__240730085908.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1700001173_DAFTAR_PUSTAKA__240730085908.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1700001173_LAMPIRAN__240730085908.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy

Abstract

Keharmonisan keluarga adalah keadaan dimana anggota keluarga bahagia, peduli, sportif, dan tidak ada konflik. Keharmonisan keluarga akan terwujud jika setiap elemen dalam keluarga dapat berfungsi dan bertindak sebagaimana mestinya dan berpegang teguh pada nilai-nilai agama,maka interaksi sosial yang harmonis antar elemen dalam keluarga akan tercipta. Kondisi kerluarga siswa tidaklah sama antara siswa yang satu dengan yang lainnya, sebab tidak semua siswa mengalami kondisi keluarga yang harmonis, sebagian siswa juga mengalami kondisi keluarga yang kurang harmonis. Dari hal tersebut menjadi pokok penelitian ini adalah identifikasi kemarmonisan keluarga siswa SMK Al Hikmah Gubukrubuh Getas playen Gunungkidul kelas XI dan kelas XII.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang analisisnya dengan data numerical dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan adalah quota sampling yaitu dengan menentukan terlebih dahulu jumlah sampling yang akan diteliti. Populasi penelitian ini berjumlah 72 siswa SMK AlHikmah Gubukrubuh Getas Playen Gunungkidul. Teknik pengumpulan data menggunakan skala keharmonisan keluarga yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan Alpha Cronbach dan product moment. Analisi data menggunakan deskriptif kuantitatif
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai Cronbach Alpha yang diperoleh adalah 0,88. Analisis data secara deskriptif kuantitatif yang menunjukkan bahwa terdapat 13 siswa (18 %) siswa berada pada lingkungan keluarga yang tingkat keharmonisannya rendah, 40 siswa (56 %) siswa berada pada lingkungan keluarga yang tingkat keharmonisannya sedang dan 18 siswa (26 %) siswa berada pada lingkungan keluarga yang tingkat keharmonisannya tinggi. Kesimpulan hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa SMK Alhikmah berada pada tingkat kategorisasi keharmonisan yang seadang yaitu 40 siswa (56%).

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Keharmonisan, keluarga, identifikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 24 Oct 2024 08:11
Last Modified: 24 Oct 2024 08:11
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76921

Actions (login required)

View Item View Item