Prinsip kesantunan berbahasa dalam kanal Youtube Ngobrol Sore Semaunya dan kaitannya dengan bahan ajar teks tanggapan di kelas IX SMP

Maulana Dewi, Farida (2023) Prinsip kesantunan berbahasa dalam kanal Youtube Ngobrol Sore Semaunya dan kaitannya dengan bahan ajar teks tanggapan di kelas IX SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900003109_JUDUL__230401080510.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900003109_BAB_I__230330062057.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900003109_BAB_II__230330062057.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900003109_BAB_III__230330062057.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900003109_BAB_IV__230330062057.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900003109_BAB_V__230330062057.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900003109_DAFTAR_PUSTAKA__230330062057.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900003109_LAMPIRAN__230330062057.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900003109_NASKAH_PUBLIKASI__230330062057.pdf

Download (220kB)

Abstract

Kesantunan berbahasa menjadi hal yang sangat diperlukan, sebab salah satu
timbulnya kekerasan atau pertengkaran dimulai dari ketidaksantunan bahasa yang
dipergunakan. Selain itu, kesantunan berbahasa merupakan sikap yang
mencerminkan identitas seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa: 1)
prinsip kesantunan berbahasa dalam kanal YouTube Ngobrol Sore Semaunya; 2)
kaidah kebahasaan dalam kanal YouTube Ngobrol Sore Semaunya; 3) prinsip
kesantunan berbahasa kanal YouTube Ngobrol Sore Semaunya dan kaitannya
dengan bahan ajar teks tanggapan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah
prinsip kesantunan pada YouTube Ngobrol Sore Semaunya, objek penelitian ini
adalah prinsip kesantunan berbahasa, dan kaitannya dengan bahan ajar teks
tanggapan kelas IX SMP. Metode pengumpukan data yang digubakab adalah
metode simak dengan teknik sadap dan teknik catat (SBLC). Kemudian metode dan
teknik analisis data menggunakan metode padan dan teknik lanjutan. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah human instrument dan kartu data.
Hasil dari penelitian prinsip kesantunan berbahasa yang terdapat pada kanal
YouTube Ngobrol Sore Semaunya. (1) prinsip kesantunan berbahasa diperoleh
data, maksim kearifan terdapat 7 data, maksim kedermawanan terdapat 8 data,
maksim pujian terdapat 5 data, maksim kerendahan hati terdapat 8 data, maksim
kesepakatan terdapat 5 data, dan maksim kesimpatian terdapat 5 data. Berdasarkan
data yang ditemukan pada penelitian sebanyak 38 data yang ditemukan, dari 38 data
temuan data paling banyak yaitu terdapat pada maksim kedermawanan dan maksim
kerendahan hati sebanyak 8 data, sedangkan dari data paling sedikit yaitu maksim
pujian, maksim kesepakatan, dan maksim kesimpatian sebanyak 5 data. (2) Kaidah
kesantunan berbahasa diperoleh data. Kaidah formalitas berjumlah 9 data, kaidah
ketidaktegasan berjumlah 14 data, dan kaidah persamaan berjumlah 15 data. Dari
data yang ditemukan kaidah persamaanpada urutan paling banyak data yang
ditemukan dengan jumlah 15 data. Sedangkan data paling sedikit yang ditemukan
adalah kaidah formalitas dengan jumlah 9 data. (3) Keterkaitan prinsip kesantunan
berbahasa pada kanal YouTube Ngobrol Sore Semaunya dan kaitannya dengan teks
tanggapan kelas IX SMP terdapat pada kompetensi dasar (KD) 3.8 dan KD 4.8 yang
dilakukan dengan dua kali pertemuan. Bahan ajar sebagai luaran dari penelitian ini
yang memuat materi, latihan soal, dan tugas.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Prinsip, kesantunan, kanal YouTube Ngobrol Sore Semaunya
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 23 Oct 2024 08:05
Last Modified: 23 Oct 2024 08:05
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76966

Actions (login required)

View Item View Item