Implementasi metode IPMA pada PLS-SEM untuk menentukan prioritas variasi laten (studi kasus pada analisis kepuasan pelanggan bus Trans Jogja)

Erniyati, Erniyati (2023) Implementasi metode IPMA pada PLS-SEM untuk menentukan prioritas variasi laten (studi kasus pada analisis kepuasan pelanggan bus Trans Jogja). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900015060_JUDUL__230905090039.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900015060_BAB_I__230905090039.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900015060_BAB_II__230905090039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900015060_BAB_III__230905090039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900015060_BAB_IV__230905090039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900015060_BAB_V__230905090039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900015060_DAFTAR_PUSTAKA__230905090039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900015060_LAMPIRAN__230905090039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy

Abstract

Sarana angkutan umum massal yang beroperasi di Kota Yogyakarta salah satunya adalah Bus Trans Jogja. Pelayanan Bus Trans Jogja tersebut harus memenuhi kepuasan pelanggannya, tetapi saat ini kepuasan pengguna Bus Trans Jogja dirasa kurang khususnya dalam hal kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunanya menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Pengujian model PLS-SEM dibagi menjadi dua yaitu model pengukuran (outer model) dan model struktural (inner model). untuk memperluas temuan dari PLS-SEM maka menggunakan metode Importance Performance Map Analysis (IPMA).
IPMA menghasilkan pengetahuan tentang mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu untuk perbaikan artribut. Varibel laten yang digunakan antara lain keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan kepastian (assurance), perhatian (emphaty) dan berwujud (tangible). Data yang digunakan hasil survey kepuasan pengguna Bus Trans Jogja dengan 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian diketahui variabel yang signifikan mempengaruhi kepuasan penguna Bus Trans Jogja yaitu variabel assurance, responsiveness, dan emphaty. Sedangkan hasil rekomendasi analisis Importance Performance Map Analysis (IPMA) dari peneliti yaitu meningkatkan kualitas variabel di kuadran empat atau kuadran Concentrate Here nilai performance yang rendah. Variabel yang menempati kuadran ini yaitu variabel laten responsiveness.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: PLS-SEM, IPMA, kepuasan pelanggan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Mathematics (S1-Matematika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 24 Oct 2024 08:13
Last Modified: 24 Oct 2024 08:13
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76977

Actions (login required)

View Item View Item