Galih Pertiwi, Sinta (2024) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema gaya hidup berkelanjutan melalui gerakan pengelolaan sampah di SD Unggulan Aisyiyah Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005164_JUDUL__240808025323.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005164_BAB_I__240808025323.pdf Download (142kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005164_BAB_II__240808025323.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005164_BAB_III__240808025323.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005164_BAB_IV__240808025323.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005164_BAB_V__240808025323.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
T1_2000005164_BAB_VI__240808025323.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005164_DAFTAR_PUSTAKA__240808025323.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
Abstract
Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Gerakan Pengelolaan Sampah di SD Unggulan Aisyiyah Bantul diterapkan sebagai salah satu cara dalam menguatkan karakter peserta didik agar sesuai dengan dimensi profil pelajar pancasila salah satunya adalah dimensi bergotong royong. Adanya pembelajaran P5 menjadi sebuah karakteristik dari kurikulum merdeka yang saat ini telah digunakan oleh berbagai lembaga pendidikan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta faktor pendukung dan penghambat yang ada pada pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif, dengan subjek yaitu Kepala Sekolah, Guru Kelas I, dan Peserta Didik Kelas I. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan yang digunakan meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan metode Miles and Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) telah diterapkan dengan menggunakan tema gaya hidup berkelanjutan yaitu pada pembuatan Ecobrick melalui gerakan pengelolaan sampah. Dimensi yang dicapai adalah dimensi bergotong royong dimana peserta didik telah melakukan sikap saling berkolaborasi, peduli dan berbagi dalam pembuatan Ecobrick. Pada pengimplementasiannya, terdapat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang telah dirancang dengan baik oleh tim fasilitator yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Selain itu, faktor pendukungnya adalah peserta didik, guru dan lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya terdiri dari adanya peserta didik yang masih kurang fokus dalam pembelajaran, terdapat sebagaian guru yang belum mampu memahami pembelajaran P5 dan minimnya pengetahuan dari masyarakat tentang pembelajaran Projek.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kurikulum merdeka, projek penguatan profil pelajar pancasila, gaya hidup berkelanjutan, pengelolaan sampah, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 08:13 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 08:13 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77022 |
Actions (login required)
View Item |