Keefektifan konseling kelompok teknik self instruction untuk menguatkan kepercayaan diri pada siswa fatherless kelas VIII SMPN 11 Yogyakarta

Dwinda Putri, Aulia (2024) Keefektifan konseling kelompok teknik self instruction untuk menguatkan kepercayaan diri pada siswa fatherless kelas VIII SMPN 11 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000001105_JUDUL__240814122052.pdf

Download (832kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000001105_BAB_I__240814122052.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000001105_BAB_II__240814122052.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000001105_BAB_III__240814122053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000001105_BAB_IV__240814122053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000001105_BAB_V__240814122053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001105_DAFTAR_PUSTAKA__240814122053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000001105_LAMPIRAN__240814122053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keluarga berperan penting dalam tumbuh kembang anak serta pembentukan nilai-nilai agama, adat, dan masyarakat. Peran orang tua sangat penting dalam perkembangan psikologis anak. Ketidakseimbangan peran pengasuhan, seperti pada anak yang tumbuh tanpa ayah (fatherless), dapat berdampak negatif pada kepercayaan diri dan kesehatan mental anak. Layanan bimbingan dan konseling berperan penting dalam membantu anak-anak ini mengatasi masalah kepercayaan diri dan mencapai kesejahteraan psikologis. Salah satunya menggunakan layanan konseling kelompok teknik self instruction untuk menguatkan kepercayaan diri pada anak. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok teknik self instruction untuk menguatkan kepercayaan diri pada siswa fatherless.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif metode desain pre-experimental dengan tipe one group pretest-posttest design. Subjek dalam peneltian ini berjumlah 5 siswa dengan menggunakan purposive sampling dengan kriteria yang mengalami tingkat kepercayaan diri yang rendah berdasarkan dari hasil skala. Metode pengumpul data yang digunakan adalah angket fatherless, dan skala kepercayaan diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah paired sample t-test.
Hasil analisis data uji normalitas kepercayaan diri siswa fatherless kelas VIII SMPN 11 Yogyakarta di atas dapat diketahui bahwa nilai Sig. Pretest 0,492 dan nilai Sig. Posttest 0.361 data tersebut menunjukkan hasil nilai Sig. Pretest dan nilai Sig. Posttest > dari 0,05 sehingga data dinyatakan berdistribusi normal. Dan berdasarkan Paired Sample T-test” di atas, diketahui nilai Sig. (2 tailed) (0,001) < α (0,05), maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat perubahan skor pretest dan posttest. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling kelompok teknik self instruction efektif untuk menguatkan kepercayaan diri pada siswa fatherless.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Fatherless, konseling kelompok, teknik self instruction
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 25 Oct 2024 08:24
Last Modified: 25 Oct 2024 08:24
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77043

Actions (login required)

View Item View Item