Dwinda Putri, Aulia (2024) Keefektifan konseling kelompok teknik self instruction untuk menguatkan kepercayaan diri pada siswa fatherless kelas VIII SMPN 11 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000001105_JUDUL__240814122052.pdf Download (832kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000001105_BAB_I__240814122052.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000001105_BAB_II__240814122052.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000001105_BAB_III__240814122053.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000001105_BAB_IV__240814122053.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000001105_BAB_V__240814122053.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001105_DAFTAR_PUSTAKA__240814122053.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000001105_LAMPIRAN__240814122053.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Keluarga berperan penting dalam tumbuh kembang anak serta pembentukan nilai-nilai agama, adat, dan masyarakat. Peran orang tua sangat penting dalam perkembangan psikologis anak. Ketidakseimbangan peran pengasuhan, seperti pada anak yang tumbuh tanpa ayah (fatherless), dapat berdampak negatif pada kepercayaan diri dan kesehatan mental anak. Layanan bimbingan dan konseling berperan penting dalam membantu anak-anak ini mengatasi masalah kepercayaan diri dan mencapai kesejahteraan psikologis. Salah satunya menggunakan layanan konseling kelompok teknik self instruction untuk menguatkan kepercayaan diri pada anak. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok teknik self instruction untuk menguatkan kepercayaan diri pada siswa fatherless.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif metode desain pre-experimental dengan tipe one group pretest-posttest design. Subjek dalam peneltian ini berjumlah 5 siswa dengan menggunakan purposive sampling dengan kriteria yang mengalami tingkat kepercayaan diri yang rendah berdasarkan dari hasil skala. Metode pengumpul data yang digunakan adalah angket fatherless, dan skala kepercayaan diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah paired sample t-test.
Hasil analisis data uji normalitas kepercayaan diri siswa fatherless kelas VIII SMPN 11 Yogyakarta di atas dapat diketahui bahwa nilai Sig. Pretest 0,492 dan nilai Sig. Posttest 0.361 data tersebut menunjukkan hasil nilai Sig. Pretest dan nilai Sig. Posttest > dari 0,05 sehingga data dinyatakan berdistribusi normal. Dan berdasarkan Paired Sample T-test” di atas, diketahui nilai Sig. (2 tailed) (0,001) < α (0,05), maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat perubahan skor pretest dan posttest. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling kelompok teknik self instruction efektif untuk menguatkan kepercayaan diri pada siswa fatherless.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Fatherless, konseling kelompok, teknik self instruction |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 08:24 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 08:24 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77043 |
Actions (login required)
View Item |