Fitriya Da'watus Sholihah, Hanis (2024) Analisis tingkat kepuasan pengguna dalam penggunaan aplikasi NEWSAKPOLE menggunakan metode PIECES. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000016040_JUDUL__240824125823.pdf Download (474kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000016040_BAB_I__240824125823.pdf Download (156kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000016040_BAB_II__240824125823.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000016040_BAB_III__240824125823.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000016040_BAB_IV__240824125823.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000016040_BAB_V__240824125823.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000016040_DAFTAR_PUSTAKA__240824125823.pdf Download (145kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000016040_LAMPIRAN__240824010946.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Aplikasi NEWSAKPOLE (Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online) dirilis oleh Bapenda Jawa Tengah, Direktorat Lalu Lintas POLDA Jawa Tengah, dan PT Jasa Raharja Jawa Tengah dalam rangka membantu masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor secara online. Aplikasi ini digunakan untuk mengecek informasi pajak kendaraan bermotor tahunan, informasi status pemblokiran kendaraan bermotor, Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLL). Aplikasi ini masih memiliki sejumlah kekurangan yang dilihat dari rating dan review pengguna di Google Play Store. Dari permasalahan tersebut perlu dilakukan analisis untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna berdasarkan pengalaman yang dirasakan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kepuasan pengguna dalam penggunaan aplikasi NEWSAKPOLE.
Metode PIECES digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna. Terdapat enam variabel pada metode ini, yaitu Performance, Information, Economic, Control and Security, Efficiency, dan Service. Tahapan penelitian ini yaitu, melakukan pemetaan masalah menggunakan affinity diagram, studi literatur, observasi, wawancara, pembuatan dan pengujian kuesioner, penyebaran dan pengumpulan data kuesioner. Pengujian kuesioner dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil akhir didapatkan berupa data kepuasan pengguna aplikasi NEWSAKPOLE.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kepuasan pengguna aplikasi NEWSAKPOLE memperoleh nilai 2.58 yang artinya pengguna merasa tidak puas terhadap aplikasi NEWSAKPOLE. Hasil tertinggi didapatkan oleh variabel Control and Security dengan nilai sebesar 3.55 dengan kategori puas. Hasil terendah didapatkan oleh variabel Service dengan nilai sebesar 2.23 dengan kategori tidak puas. Pemberian rekomendasi dilakukan berdasarkan variabel pada metode PIECES yang memiliki kategori tidak puas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Analisis, aplikasi, kepuasan pengguna, NEWSAKPOLE, PIECES |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 03:33 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 03:33 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77081 |
Actions (login required)
View Item |