Analisis tingkat kepuasan pengguna dalam penggunaan aplikasi NEWSAKPOLE menggunakan metode PIECES

Fitriya Da'watus Sholihah, Hanis (2024) Analisis tingkat kepuasan pengguna dalam penggunaan aplikasi NEWSAKPOLE menggunakan metode PIECES. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000016040_JUDUL__240824125823.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000016040_BAB_I__240824125823.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000016040_BAB_II__240824125823.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000016040_BAB_III__240824125823.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000016040_BAB_IV__240824125823.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000016040_BAB_V__240824125823.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000016040_DAFTAR_PUSTAKA__240824125823.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000016040_LAMPIRAN__240824010946.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi NEWSAKPOLE (Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online) dirilis oleh Bapenda Jawa Tengah, Direktorat Lalu Lintas POLDA Jawa Tengah, dan PT Jasa Raharja Jawa Tengah dalam rangka membantu masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor secara online. Aplikasi ini digunakan untuk mengecek informasi pajak kendaraan bermotor tahunan, informasi status pemblokiran kendaraan bermotor, Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLL). Aplikasi ini masih memiliki sejumlah kekurangan yang dilihat dari rating dan review pengguna di Google Play Store. Dari permasalahan tersebut perlu dilakukan analisis untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna berdasarkan pengalaman yang dirasakan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kepuasan pengguna dalam penggunaan aplikasi NEWSAKPOLE.
Metode PIECES digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna. Terdapat enam variabel pada metode ini, yaitu Performance, Information, Economic, Control and Security, Efficiency, dan Service. Tahapan penelitian ini yaitu, melakukan pemetaan masalah menggunakan affinity diagram, studi literatur, observasi, wawancara, pembuatan dan pengujian kuesioner, penyebaran dan pengumpulan data kuesioner. Pengujian kuesioner dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil akhir didapatkan berupa data kepuasan pengguna aplikasi NEWSAKPOLE.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kepuasan pengguna aplikasi NEWSAKPOLE memperoleh nilai 2.58 yang artinya pengguna merasa tidak puas terhadap aplikasi NEWSAKPOLE. Hasil tertinggi didapatkan oleh variabel Control and Security dengan nilai sebesar 3.55 dengan kategori puas. Hasil terendah didapatkan oleh variabel Service dengan nilai sebesar 2.23 dengan kategori tidak puas. Pemberian rekomendasi dilakukan berdasarkan variabel pada metode PIECES yang memiliki kategori tidak puas.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Analisis, aplikasi, kepuasan pengguna, NEWSAKPOLE, PIECES
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 28 Oct 2024 03:33
Last Modified: 28 Oct 2024 03:33
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77081

Actions (login required)

View Item View Item