Arsyadani, Tegar (2024) Pengembangan aplikasi permohonan informasi publik berbasis web dengan integrasi simple mail transfer protocol (studi kasus : Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Provinsi Jawa Tengah). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000018243_JUDUL__240823105836.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000018243_BAB_I__240823105836.pdf Download (226kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000018243_BAB_II__240823105836.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000018243_BAB_III__240823105836.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000018243_BAB_IV__240823105836.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000018243_BAB_V__240823105836.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000018243_DAFTAR_PUSTAKA__240823105836.pdf Download (213kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000018243_LAMPIRAN__240823105836.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000018243_NASKAH_PUBLIKASI__240823105836.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pelayanan publik memainkan peran krusial dalam interaksi antara pemerintah dan masyarakat, mempengaruhi dukungan terhadap kinerja pemerintah serta penerapan prinsip good governance. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Provinsi Jawa Tengah menghadapi tantangan dalam permohonan informasi publik karena sistem saat ini menggunakan pihak ketiga yang berpotensi data tidak aman. Proses manual yang tidak praktis menghambat pelayanan dan mempersulit admin dalam merekap data dan meneruskan permohonan informasi kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang masih menggunakan WhatsApp. Penelitian ini bertujuan menghasilkan aplikasi efektif dan efisien untuk pengelolaan permohonan informasi publik dengan integrasi Simple Mail Transfer Protocol (SMTP).
Penelitian mencakup penentuan subjek dan objek, metode pengumpulan data, perangkat keras dan lunak. Analisis mencakup evaluasi data, analisis proses bisnis, identifikasi kebutuhan pengguna dan sistem. Perancangan mencakup perancangan proses, perancangan database, dan perancangan antarmuka pengguna. Implementasi melibatkan implementasi database dan penulisan kode program aplikasi. Pengujian meliputi pengujian antarmuka pengguna, black box dan keamanan.
Penelitian telah menghasilkan aplikasi yang memenuhi kebutuhan PPID Provinsi Jawa Tengah dalam mengelola permohonan informasi publik secara efektif, memberikan platform yang bermanfaat bagi masyarakat, solusi untuk kendala administratif, meningkatkan transparansi informasi, dan menggantikan sistem pihak ketiga. Pengujian SUS menghasilkan skor 74.05, Acceptability Ranges dalam kategori "ACCEPTABLE", Grade Scale mendapat grade "C", dan Adjective Ratings pada kategori "EXCELLENT", menunjukkan aplikasi memiliki kegunaan yang baik. Pengujian black box menunjukkan 100% valid. Pengujian keamanan menggunakan pentest tools menghasilkan risk rating high 0, medium 0, dan low 2, serta overall risk level low menandakan website layak digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Efisiensi layanan, notifikasi, pelayanan publik, SMTP, transparansi informasi |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:24 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:24 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77117 |
Actions (login required)
View Item |