Efektifitas metode pembelajaran Bahasa Arab “Program Khusus” pada santri kelas 1 MA Islamic Centre Bin Baz

Ackmal Survanta, Faishal (2024) Efektifitas metode pembelajaran Bahasa Arab “Program Khusus” pada santri kelas 1 MA Islamic Centre Bin Baz. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900028032_JUDUL__240920062106.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900028032_BAB_I__240920062106.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900028032_BAB_II__240920062106.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900028032_BAB_III__240920062106.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900028032_BAB_IV__240920062106.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900028032_DAFTAR_PUSTAKA__240920062106.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900028032_NASKAH_PUBLIKASI__240920062106.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Penerapan pembelajaran Bahasa Arab pada ‘program khusus’ adalah menggunakan metode ceramah yang mana santri bisa membiasakan berbicara di depan banyak orang dan menumbuhkan rasa keberanian dalam berbicara di depan banyak orang. Selain itu dalam program ini Pondok Pesantren menggabungkan dengan kurikulum Arobiyah Baina Yadaik.
Penelitian ini bertujuan melihat efektifitas implementasi dari Bahasa Arab ‘program khusus’ pada santri kelas 1 Madrasah Aliyah yang dilaksanakan Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, data penelitian bersumber dari proses observasi, wawancara dan dokumetasi dengan guru Bahasa Arab dan santri kelas 1 MA. Tahapan penelitian adalah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian penerapan pembelajaran Bahasa Arab program khusus ini adalah adanya kenaikan dari hasil sebelumnya bagi santri. Yang mana data sebelumnya kita dapati dalam keadaan cukup dan setelah berjalan nya program kita lihat kembali dalam keadaan yang lebih baik. Dengan hasil total keseluruhan rata-rata nilai santri sebelum program kita dapati sejumlah 443,65 dan hasil total keseluruhan rata-rata nilai setelah program kita dapati sejumlah 514,1961. Dengan melihat hasil tersebut didapati kenaikan sejumlah 15,90%, yang berarti bisa kita simpulkan bahwa program yang diterapkan cukup efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Efektifitas pembelajaran, program Bahasa Arab khusus, Pondok Islamic Centre Bin Baz
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > S1-Bahasa dan sastra Arab
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 30 Oct 2024 06:48
Last Modified: 30 Oct 2024 06:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77204

Actions (login required)

View Item View Item