Ackmal Survanta, Faishal (2024) Efektifitas metode pembelajaran Bahasa Arab “Program Khusus” pada santri kelas 1 MA Islamic Centre Bin Baz. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900028032_JUDUL__240920062106.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900028032_BAB_I__240920062106.pdf Download (329kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900028032_BAB_II__240920062106.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900028032_BAB_III__240920062106.pdf Restricted to Registered users only Download (861kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900028032_BAB_IV__240920062106.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900028032_DAFTAR_PUSTAKA__240920062106.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900028032_NASKAH_PUBLIKASI__240920062106.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
Abstract
Penerapan pembelajaran Bahasa Arab pada ‘program khusus’ adalah menggunakan metode ceramah yang mana santri bisa membiasakan berbicara di depan banyak orang dan menumbuhkan rasa keberanian dalam berbicara di depan banyak orang. Selain itu dalam program ini Pondok Pesantren menggabungkan dengan kurikulum Arobiyah Baina Yadaik.
Penelitian ini bertujuan melihat efektifitas implementasi dari Bahasa Arab ‘program khusus’ pada santri kelas 1 Madrasah Aliyah yang dilaksanakan Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, data penelitian bersumber dari proses observasi, wawancara dan dokumetasi dengan guru Bahasa Arab dan santri kelas 1 MA. Tahapan penelitian adalah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian penerapan pembelajaran Bahasa Arab program khusus ini adalah adanya kenaikan dari hasil sebelumnya bagi santri. Yang mana data sebelumnya kita dapati dalam keadaan cukup dan setelah berjalan nya program kita lihat kembali dalam keadaan yang lebih baik. Dengan hasil total keseluruhan rata-rata nilai santri sebelum program kita dapati sejumlah 443,65 dan hasil total keseluruhan rata-rata nilai setelah program kita dapati sejumlah 514,1961. Dengan melihat hasil tersebut didapati kenaikan sejumlah 15,90%, yang berarti bisa kita simpulkan bahwa program yang diterapkan cukup efektif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Efektifitas pembelajaran, program Bahasa Arab khusus, Pondok Islamic Centre Bin Baz |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > S1-Bahasa dan sastra Arab |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 06:48 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 06:48 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77204 |
Actions (login required)
View Item |