Dyah Purnama Wati, Rosyidah (2024) Kompetensi guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berorientasi Higher Order Thinking Skills di SD Muhammadiyah Pakel. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005375_JUDUL__240919080422.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005375_BAB_I__240919080422.pdf Download (70kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005375_BAB_II__240919080422.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005375_BAB_III__240919080422.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005375_BAB_IV__240919080422.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005375_BAB_V__240919080423.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005375_DAFTAR_PUSTAKA__240919080423.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005375_LAMPIRAN__240919080423.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) sangat penting dalam menghadapi tantangan abad 21 dengan menekankan pada kecakapan kritis, analitis, kreatif dan evaluatif. Kompetensi guru sangat berpengaruh dalam mengembangkan pembelajaran HOTS yang efektif, di mana dibutuhkan sinergi beberapa kompetensi yang meliputi kompetensi Pendidikan guru dalam menerapkan HOTS, kompetensi untuk komersialisasi teknologi, kompetensi globalisasi, kompetensi untuk strategi masa depan, kompetensi konselor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana kompetensi guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berorientasi HOTS di SD Muhammadiyah Pakel.
Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus, subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah dan guru kelas V lalu untuk pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles & Huberman meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data, peneliti menggunakan model tersebut karena bersifat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan peneliti.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi guru di SD Muhammadiyah Pakel dalam mengimplementasikan Pembelajaran berorientasi HOTS mencakup lima aspek utama yaitu kompetensi kependidikan, kompetensi ini meliputi 3 aspek yaitu perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Kompetensi untuk komersialisasi teknologi meliputi 2 aspek yaitu sikap entrepreneurship dan kecakapan teknologi. Kompetensi globalisasi, kompetensi ini meliputi 3 aspek yaitu kompetensi TIK, kompetensi kepemimpinan, kompetensi antar budaya. Kompetensi untuk strategi masa depan, kompetensi ini meliputi 3 aspek yaitu joint research, joint resource, staff mobility. Kompetensi konselor, kompetensi ini meliputi 3 aspek yaitu exploring, understanding, acting. Kelima aspek ini saling berkaitan dan bersinergi dengan baik dalam implementasinya. Untuk meningkatkan kompetensi guru, sekolah sering mengadakan pelatihan dan mendatangkan tutor dari luar sekolah, untuk pelatihan sendiri kepala sekolah memberikan pelatihan bagi guru tidak hanya mencakup bidang Pendidikan saja melainkan hingga bidang pelayanan. Tidak lupa dukungan dari kepala sekolah juga serta sumber daya di SD Muhammadiyah Pakel yang memadai untuk implementasi pembelajaran HOTS, sehingga guru dapat meningkatkan kompetensi dan mengimplementasikan pembelajaran HOTS dengan baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | HOTS, kompetensi guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 09:17 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 09:17 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77270 |
Actions (login required)
View Item |