Wahyunto, Muh (2024) Implementasi marketing mix jasa pendidikan dalam upaya meningkatkan brand SMP Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas Klaten. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2208046067_JUDUL__240920055732.pdf Download (610kB) |
|
Text (BAB I)
T2_2208046067_BAB_I__240920055732.pdf Download (266kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2208046067_BAB_II__240920055732.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2208046067_BAB_III__240920055732.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2208046067_BAB_IV__240920055732.pdf Restricted to Registered users only Download (957kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2208046067_BAB_V__240920055732.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2208046067_DAFTAR_PUSTAKA__240920055732.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T2_2208046067_LAMPIRAN__240920055732.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) | Request a copy |
Abstract
Lembaga pendidikan merupakan organisasi produksi yang memberikan jasa berupa jasa pendidikan. Jasa pendidikan dibeli oleh masyarakat yang disebut konsumen. Produsen yang tidak mampu memasarkan produknya karena kualitasnya tidak memuaskan pelanggan, maka produk jasa pendidikan yang dijual tidak akan laku di pasaran. SMP Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas Klaten merupakan salah satu lembaga pendidikan yang telah berhasil memasarkan produk jasa pendidikan sehingga disukai oleh pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi marketing mix jasa pendidikan yang dilakukan oleh SMP Muhammadiyah Sinar Fajar yang berada di kecamatan Cawas Kabupaten Klaten.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, karena dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan suatu keadaan, melukiskan atau menggambarkan dan memaparkan situasi sosial dan peristiwa yang terjadi di SMP Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas terkait implementasi bauran pemasaran Jasa Pendidikan. Sumber data penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wali murid, komite sekolah, dan siswa, Tehnik analisis data kami lakukan dengan mencatat hasil wawancara di lapangan diberi kode, dikumpulkan, dipilah, dibuat peta konsep lalu ditarik kesimpulan. Dalam pembuatan peta konsep peneliti memanfaatkan sofyware Atlas.ti 9.
Hasil penelitia menunjukkan bahwa SMP Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas Klaten telah menerapkan 7 aspek marketing mix jasa pendidikan dengan baik. SMP Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas mempunyai produk jasa pendidikan yang unggul dengan harga yang bersaing dan terjangkau masyarakat. Sekolah ini mempunyai tempat yang bagus dan cocok sebagai tempat belajar. Sekolah ini melakukan promosi yang unik yaitu sepanjang tahun melalui media sosial dan cetak serta dari mulut ke mulut tapi masa pendaftarannya pendek. Dalam aspek manusia, sekolah ini memiliki guru dan karyawan yang berkarakter baik baik secara sosial maupun spiritual. Dari aspek fisik, sekolah ini mempunyai gedung yang bersih, nyaman, dan aman. Dalam aspek proses, sekolah ini memilki standar yang tinggi dan ketat sehingga menjamin kualitas luarannya.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Marketing mix, jasa pendidikan, brand sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 07:19 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 07:19 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77274 |
Actions (login required)
View Item |