Andhini Kusuma, Reffi (2024) Pengaruh pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SD N Kenaran 2 Prambanan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005205_JUDUL__240923044708.pdf Download (293kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005205_BAB_I__240923044708.pdf Download (165kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005205_BAB_II__240923044708.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005205_BAB_III__240923044708.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005205_BAB_IV__240923044708.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005205_BAB_V__240923044708.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005205_DAFTAR_PUSTAKA__240923044708.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005205_LAMPIRAN__240923044708.pdf Restricted to Registered users only Download (887kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005205_NASKAH_PUBLIKASI__240920125328.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) | Request a copy |
Abstract
Penggunaan pedekatan pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan memastikan bahwa proses belajar mengajar efektif serta sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar masing-masing individu. Salah satunya dengan menggunakan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SD N Kenaran 2 Prambanan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Adapun sampel yang dipilih yaitu siswa kelas IV SD N Kenaran 2 Prambanan. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test dan paired sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dibuktikan melalui aktifitas dan analisis uji hipotesis paired sample t-test thitung 22,503 > ttabel 2,093 yang berarti menunjukkan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SD N Kenaran 2 Prambanan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL), kemampuan berpikir kritis, siswa sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 07:04 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 07:04 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77277 |
Actions (login required)
View Item |