Adi Surya Pratama, Muhammad (2023) Penerapan kegiatan literasi digital dengan mendengarkan kisah-kisah nabi dari video/youtube pada pembelajaran PAI di SD Negeri Mandisari, Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031276_JUDUL__230608102005.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031276_BAB_I__230608102005.pdf Download (227kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031276_BAB_II__230608102005.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031276_BAB_III__230608102005.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031276_BAB_IV__230608102005.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031276_BAB_V__230608102005.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031276_DAFTAR_PUSTAKA__230608102005.pdf Download (182kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031276_LAMPIRAN__230608102005.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan literasi digital beberapa siswa di SD Negeri Mandisari. Penerapan literasi yang digunakan disetiap sekolah tentu beragam, khususnya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Guru dapat menerapkan kegiatan literasi kepada siswa sebelum pembelajaran atau dalam pembelajaran tersebut. Contoh kegiatan literasi yang dilakukan sebelum pembelajaran seperti Gerakan literasi 10 menit, membaca Al-Qur’an dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan analisis SWOT dari kegiatan literasi digital pada pembelajaran PAI.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari: kepala sekolah, 2 guru dan 3 siswa. Pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini terdiri dari 4 tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, uji keabsahan data dan penarikan kesimpulan. Peneliti mengungkapkan penerapan kegiatan literasi digital dengan mendengarkan kisah-kisah nabi dari video/Youtube pada pembelajaran PAI di SD Negeri Mandisari.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kegiatan literasi digital pada pembelajaran PAI di SD Negeri Mandisari terdiri dari beberapa proses. Proses awal berupa persiapan yang dilakukan guru seperti: mempersiapkan materi hingga media yang akan digunakan. Kemudian langkah awal pembelajaran yaitu pembukaan yang terdiri dari: salam serta sapa, menyanyikan lagu Garuda Pancasila, Do'a, membaca Al-qur'an dan Asma'ul Husna, dan pendahuluan. Kemudian inti pembelajaran yaitu penyampaian materi secara umum dengan bantuan media digital. Kemudian penutup terdiri dari: pertanyaan, pemberian refleksi oleh guru, dan nasehat serta salam penutup. Pada hasil Analisis SWOT yang dilakukan peneliti dari semua aspek yaitu kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman terkait penerapan kegiatan literasi digital dengan mendengarkan kisah-kisah nabi dari video/Youtube pada pembelajaran PAI di SD Negeri Mandisari telah dituangkan dalam pembahasan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Penerapan, Literasi digital, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 02:27 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 02:27 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77307 |
Actions (login required)
View Item |