Darmawan, Aldiansyah (2023) Perancangan ulang prototype interaktif aplikasi Kururio dengan metode User Centered Design. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700018266_JUDUL__230608021917.pdf Download (785kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700018266_BAB_I__230608021917.pdf Download (261kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700018266_BAB_II__230608021917.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700018266_BAB_III__230608021917.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700018266_BAB_IV__230608021917.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700018266_BAB_V__230608021917.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700018266_DAFTAR_PUSTAKA__230608021917.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1700018266_LAMPIRAN__230608021917.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
Abstract
Kururio merupakan platform transportasi online yang berbasis mobile. Tujuan aplikasi Kururio diciptakan untuk mendukung ekonomi masyarakat Baubau dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi para penyedia jasa ojek. Berdasarkan hasil uji coba aplikasi Kururio ditemukan beberapa permasalahan seperti bug maps, tidak berfungsinya fitur k-vaksin, dan tampilan yang kurang menarik. Tujuan penelitian ini yaitu membangun ulang rancangan antarmuka aplikasi Kururio.
Perancangan aplikasi ini menggunakan metode User Centered Design (UCD). UCD adalah suatu metode perancangan yang berfokus pada kebutuhan user. UCD memiliki tahapan yang terdiri dari Understand Context of Use, Specify User Requirements, Design Solutions, dan Evaluation Against Requirements. Pengujian perancangan ini menggunakan metode User Experience Questionnaire dengan bertujuan data dari responden mengenai pengalaman menggunakan aplikasi.
Penelitian ini berhasil mengembangan rancangan antar muka Kururio pada fitur Kmotor, Kpasar, dan Kvaksin. Hasil dari penelitian ini dengan pendekatan User Experience Questionnaire mengidentifikasi kategori daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, dan stimulasi mendapat penerimaan yang positif. Kategori kebaruan mendapatkan nilai yang standar dengan ambang batas. Pengujian lebih lanjut juga mengidentifikasi hasil penelitian mendapatkan penerimaan yang lebih positif dari aplikasi yang tersedia.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | User centered design, Kururio, user experience questionnaire |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 09:18 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 09:18 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77327 |
Actions (login required)
View Item |