Rohma Wardani, Anesti (2023) Pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa di SMP Negeri 2 Pelepat Ilir Kabupaten Bungo Jambi kelas VIII pada pembelajaran PAI. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031082_JUDUL__230808125153.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031082_BAB_I__230808010459.pdf Download (236kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031082_BAB_II__230808010459.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031082_BAB_III__230808010459.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031082_BAB_IV__230808010459.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031082_BAB_V__230808010459.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031082_DAFTAR_PUSTAKA__230808012143.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031082_LAMPIRAN__230808012143.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang pada penelitian ini adalah motivasi belajar merupakan keberhasilan belajar siswa, agar siswa dapat berpedoman pada tolak ukur motivasi. Dengan hal ini dapat menumbuhkan kemandirian belajar siswa yang sangat baik. Proses pembelajaran PAI ini juga sangat dibutuhkan dengan menggunakan teknologi agar dapat menambah kualitas yang baik. Tujuan penelitian ini yakni untuk dapat mengetahui tingkat motivasi belajar, tingkat kemandirian belajar, dan apakah terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa di SMP Negeri 2 Pelepat Ilir Kabupaten Bungo Jambi kelas VIII pada pembelajaran PAI.
Penelitian ini yang digunakan peneliti yaitu metode kuantitafif dan jenis penelitian asosiatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pelepat Ilir Kabupaten Bungo Jambi pada bulan maret-juni 2023 dengan mengambil populasi sebanyak 36 siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan teknik sampel menurut Arikunto jika siswa kurang dari 100 orang, maka sebaiknya sampel diambil keseluruhan. Sesuai pada judul penelitian Variabel bebas (X) yaitu motivasi belajar, dan Variabel terikat (Y) kemandirian belajar. Hal ini teknik pengumpulan data yang dipakai adalah angket atau kuesioner. Metode yang di pakai untuk menguji hasil penelitian adalah uji analisis regresi linier sederhana dan di analisis melalui aplikasi SPSS 25.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat motivasi belajar variabel X pada kategori sedang dengan persentase 55,6% sedangkan (2) Tingkat kemandirian belajar variabel Y siswa termasuk dalam kategori rendah dengan persentase 47,2%. (3) Pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar PAI yaitu 62,4% dan terdapat korelasi / hubungan yang tinggi dengan nilai R sebesar 0,790.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Motivasi belajar, kemandirian belajar, pembelajaran PAI |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 09:18 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 09:18 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77328 |
Actions (login required)
View Item |