Ainunita, Regia (2024) Pengembangan media video animasi cartoon berbasis motion graphic dalam bimbingan klasikal tentang cyberbullying siswa kelas VII SMPN 1 Imogiri. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700001091_JUDUL__240706112309.pdf Download (822kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700001091_BAB_I__240706112309.pdf Download (338kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700001091_BAB_II__240706112309.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700001091_BAB_III__240706112309.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700001091_BAB_IV__240706112309.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700001091_BAB_V__240706112309.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700001091_DAFTAR_PUSTAKA__240706112309.pdf Download (310kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1700001091_LAMPIRAN__240706112309.pdf Restricted to Registered users only Download (888kB) | Request a copy |
Abstract
Secara umum Cyberbullying muncul karena adanya kesenjangan, perulangan, maupun kebiasaan negatif dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, seperti email, pesan instan, chat room, dan website. Tindakan ini kerap kali menyebabkan orang tidak berdaya, terluka secara fisik serta dilakukan oleh kelompok orang terhadap seseorang. Melalui teks, gambar/foto, atau video yang cenderung merendahkan dan melecehkan. Karena pelaku yang termotivasi (motivated offonder) untuk melakukan pembajakan, balas dendam, pencurian, atau sekedar iseng. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengembangan media video animasi cartoon berbasis motion graphic dalam pemberian layanan bimbingan klasikal tentang Cyberbullying, mengetahui hasil uji ahli media dan uji ahli materi dalam pengembangan media video animasi cartoon berbasis motion graphic ini.
Penelitian ini menggunakan pengembangan research and development model Borg and Gall. Pada penelitian ini dilakukan sampai pada 5 tahapan yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan Revisi desain. Subjek yang dituju peneliti adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Imogiri tentang Cyberbullying. Produk yang dihasilkan dinilai oleh 2 ahli yaitu ahli media, dan materi. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah lembar penilaian ahli. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil yang diperoleh dari pengembangan media video animasi cartoon berbasia motion graphic dalam bimbingan klasikal tentang Cyberbullying yaitu dari uji ahli materi mendapatkan nilai 86,1 dengan kategori “sangat layak”. Penilaian dari uji ahli media mendapatkan nilai 96 dengan kategori “sangat layak”. Dengan demikian, video animasi cartoon berbasis motion graphic dalam bimbingan klasikal tentang Cyberbullying untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Imogiri sangat layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Cyberbullying, Video Animasi Cartoon Berbasis Motion Graphic, Bimbingan Klasikal |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 09:09 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 09:09 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77487 |
Actions (login required)
View Item |