Implementasi penguatan profil pelajar pancasila melalui budaya sekolah di SD Muhammadiyah Pakel

Sufuan Nur Perkasa, Ridho (2024) Implementasi penguatan profil pelajar pancasila melalui budaya sekolah di SD Muhammadiyah Pakel. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005363_JUDUL__241202011905.pdf

Download (888kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005363_BAB_I__241202011906.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005363_BAB_II__241202011906.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005363_BAB_III__241202011906.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005363_BAB_IV__241202011906.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005363_BAB_V__241202011906.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005363_DAFTAR_PUSTAKA__241202011906.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005363_LAMPIRAN__241202011906.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Krisis karakter dan degradasi moral menjadi fenomena yang terjadi dikalangan anak usia sekolah. Fenomena ini terjadi salah satunya disebabkan oleh faktor lingkungan. Hal ini melandasi diadakannya profil pelajar Pancasila sebagai upaya pemulihan karakter dan moral. Beberapa tahun profil pelajar Pancasila diterapkan masih ditemukan miskonsepsi pemahaman guru terhadap profil pelajar Pancasila itu sendiri. Profil pelajar Pancasila yang harus dimuatkan dalam budaya sekolah, menjadi suatu tantangan baru bagi tiap sekolah. SD Muhammadiyah Pakel sebagai lembaga penyelenggara pendidikan yang kental akan budaya religius, berorientasi pada pembentukan generasi yang unggul dalam iman, taqwa dan akhlak mulia sesuai dengan visis sekolah. Faktanya penerapan nilai religius melalui budaya sekolah di SD Muhammadiyah Pakel belum diketahui konsepnya secara jelas. Penelitian ini bermaksud menganalisis implementasi penguatan profil pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam budaya sekolah di SD Muhammadiyah Pakel berserta faktor pendukung dan penghambatnya.
Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dimana data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yakni Kepala sekolah, guru kelas I,II,IV dan IV, serta peserta didik kelas I,II,IV dan IV berdasar teknik pemilihan purposive sampling. Objek dari penelitian ini ialah bagaimana SD Muhammadiyah Pakel mengimplementasikan profil pelajar Pancasila melalui budaya sekolah. Keabsahan data pada penelitian diuji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapaun teknik analisi data pada penelitian mengacu pada model Miles dan Huberman dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi profil pelajara Pancasila di SD Muhammadiyah Pakel melalui mata pelajaran, kegiatan rutin, kegiatan terprogram dan kegiatan insidental. Penelitian juga mengungkap faktor pendiking, baik dari (1) guru dan kepala sekolah, (2) orang tua, (3) fasilitas yang memadai, (4) program yang terancana dan pemantauan program. Sedangkan ditemukan pula faktor penghambat, diantaranya (1) miskoordinasi guru, (2) guru yang kurang responsif, (3) beban jobdesk guru diluar kapasitas, (4) rendahnya tingkat pemahaman serta penurunan daya konsentrasi peserta didik, (5) orang tua yang kurang mendukung, (6) fasilitas lahan yang terpencar.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Profil Pelajar Pancasila, Budaya Sekolah, Sekolah Dasar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 21 Jan 2025 04:14
Last Modified: 21 Jan 2025 04:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/78510

Actions (login required)

View Item View Item