Ummah, Fauziyah Zahrotul (2024) Perancangan chatbot layanan laboratorium program studi informatika Universitas Ahmad Dahlan dengan algoritma KMP (Knuth-Morris-Pratt). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000018133_JUDUL__240829111048.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000018133_BAB_I__240828020239.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000018133_BAB_II__240828020239.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000018133_BAB_III__240828020239.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000018133_BAB_IV__240828020239.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000018133_BAB_V__240828020239.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000018133_DAFTAR_PUSTAKA__240828020239.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000018133_LAMPIRAN__240828020239.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam era digital yang semakin berkembang, teknologi chatbot menjadi inovasi signifikan dalam interaksi antara manusia dengan sistem komputer. Chatbot, yang berbasis pada kecerdasan buatan dan pemrosesan bahasa alami, memfasilitasi komunikasi yang efektif dan efisien. Universitas Ahmad Dahlan, melalui Program Studi Informatika, memiliki laboratorium yang mendukung kegiatan praktikum dan proyek mahasiswa. Namun, dengan jumlah mahasiswa yang terus meningkat, akses terhadap informasi laboratorium seringkali memerlukan waktu yang lebih lama dengan menggunakan akses informasi yang umum di gunakan seperti FAQ (Frequently Asked Questions) dan pesan lewat whatsapp. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengusulkan pengembangan chatbot berbasis web dengan menggunakan algoritma Knuth-Morris-Pratt (KMP) untuk meningkatkan aksesibilitas informasi laboratorium efisien.
Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dari kumpulan pertanyaan yang sering diajukan FAQ (Frequently Asked Questions) tentang laboratorium Informatika UAD. Data tersebut akancdi proses melalui preprocessing yang mencakup tokenisasi, case folding, filtering dan stemming. Algoritma KMP (Knuth-Morris-Pratt) diimplementasikan untuk pencocokan pola dalam teks pengguna dengan kata kunci dari database.
Penelitian ini menggunakan black box testing untuk menguji fungsionalitas sistem dan uji validitas untuk akurasi chatbot dalam menanggapi berbagai skenario pertanyaan. Hasil pengujian validitas sistem chatbot sebesar 97,87% menunjukkan bahwa sistem ini mampu memberikan respon yang akurat dan efisien terhadap pertanyaan pengguna, menandakan keberhasilan dalam meningkatkan interaksi dan layanan informasi di lingkungan akademik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Chatbot; Algoritma Knuth Morris Pratt; Black Box Testing; KMP; Natural Language Processing; |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 05:58 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 05:58 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/79141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |