Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional Bermuatan Literasi Matematika Sebagai Media Pembelajaran Materi SPLTV Kelas X

Ismawati, Arfina Maya (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional Bermuatan Literasi Matematika Sebagai Media Pembelajaran Materi SPLTV Kelas X. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900006012_JUDUL__230808012406.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900006012_BAB_I__230808012406.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900006012_BAB_II__230808012406.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900006012_BAB_III__230808012406.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900006012_BAB_IV__230808012406.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900006012_BAB_V__230808012406.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006012_DAFTAR_PUSTAKA__230808012406.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900006012_LAMPIRAN__230808012406.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematika peserta didik dalam merumuskan, menggunakan, dan menginterpretasikan baik konsep maupun prosedur matematika ke dalam berbagai konteks, salah satunya dalam materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Perlu adanya media pembelajaran yang tepat dan sesuai perkembangan zaman untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul berbasis pendekatan kontekstual menggunakan aplikasi Flip PDF Professional bermuatan literasi matematika sebagai media pembelajaran materi SPLTV kelas X, sekaligus mengetahui kevalidan dan kepraktisannya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan jenis model penelitian yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, & Evaluation). Subjek penelitian ini terdiri dari ahli materi, ahli media, dan peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Jetis tahun ajaran 2022/2023 dengan lima peserta didik pada uji coba kelas kecil dan 33 peserta didik pada uji coba kelas besar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket untuk prapenelitian serta angket untuk uji kevalidan dan uji kepraktisan. Teknik analisis data dilakukan dengan menghitung dan menganalisis hasil uji kevalidan dari ahli materi dan ahli media, serta hasil uji kepraktisan dari peserta didik pada uji coba kelas kecil dan kelas besar.
Hasil uji kevalidan menunjukkan bahwa E-Modul mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,68 dari ahli materi dengan kriteria sangat valid dan nilai rata-rata sebesar 3,75 dari ahli media dengan kriteria sangat valid. Sedangkan, hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa E-Modul memperoleh nilai persentase sebesar 90,5% pada uji coba kelas kecil dengan kriteria sangat praktis dan memperoleh nilai persentase sebesar 94% pada uji coba kelas besar dengan kriteria sangat praktis. Oleh karena itu, secara keseluruhan E-Modul berbasis pendekatan kontekstual bermuatan literasi matematika materi SPLTV kelas X sangat valid dan sangat praktis untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: E-Modul, Literasi Matematika, Pendekatan Kontekstual, SPLTV
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 13 Feb 2025 01:30
Last Modified: 13 Feb 2025 01:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/80590

Actions (login required)

View Item View Item