HANAN, AMAL MUHAMMAD (2023) Pengembangan Buku Bergambar Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Dengan Pendekatan Computational Thinking Untuk Siswa Kelas VII SMPLB-C. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1600006052_JUDUL__230228064146.pdf Download (493kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1600006052_BAB_I__230228064146.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1600006052_BAB_II__230228064146.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1600006052_BAB_III__230228064146.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1600006052_BAB_IV__230228064147.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1600006052_BAB_V__230228064147.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600006052_DAFTAR_PUSTAKA__230228064147.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1600006052_LAMPIRAN__230228064147.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1600006052_NASKAH_PUBLIKASI__230228064147.pdf Restricted to Registered users only Download (709kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku bergambar materi penjumlahan dan pengurangan dengan pendekatan computational thinking untuk siswa kelas VII SMPLB-C, mengetahui kevalidan buku bergambar pada materi penjumlahan dan pengurangan dengan pendekatan computational thinking bagi siswa tuna grahita kelas VII SMPLB-C dan mengetahui kepraktisan buku bergambar pada materi penjumlahan dan pengurangan dengan pendekatan computational thinking bagi siswa tuna grahita kelas VII SMPLB-C. Pendekatan computational thinking yaitu pendekatan pembelajaran yang mempunyai konsep penyelesaian masalah melibatkan teknik yang digunakan komputer dengan menggunakan prinsip perancangan algoritma, abstraksi, pengenalan pola, dan dekomposisi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan penelitian yaitu, analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman wawancara dan angket (validasi ahli media, validasi ahli materi, angket respon siswa). Data dianalisis dengan cara mengubah data kuantitatif menjadi data kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SLB Bhakti Kencana 1 Berbah sebanyak lima siswa.
Produk hasil penelitian ini adalah buku bergambar materi penjumlahan dan pengurangan yang dapat diakses oleh siswa secara online. Buku bergambar yang dikembangkan ini dinilai kelayakannya oleh ahli media dan ahli materi, kemudian kepraktisan didapat dari hasil angket respon siswa. Hasil perhitungan pengembangan buku bergambar oleh gabungan ahli media memperoleh total skor rata-rata 4,84 dengan kriteria “Sangat Baik”, lalu hasil perhitungan gabungan ahli materi memperoleh total skor rata-rata 4,59 dengan kriteria “Sangat Baik” dan hasil perhitungan gabungan angket respon siswa memperoleh total skor rata-rata 4,56 dengan kriteria “Sangat Baik”. Oleh karena itu, media pembelajaran buku bergambar yang dikembangkan ini sangat layak dan praktis digunakan sebagai pendamping belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Buku Bergambar, Tuna Grahita, Penjumlahan dan Pengurangan, Computational Thinking |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 01:28 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 01:28 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82055 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |