Telaah Potensi Sumber Belajar Biologi Kelas X Materi Pencemaran Lingkungan Berdasarkan Hasil Penelitian Pengaruh Kualitas Air Sungai Code Kota Yogyakarta Terhadap Pertumbuhan Ikan Molly Poecilia Sp. di Akuarium

Septiana, Monika (2023) Telaah Potensi Sumber Belajar Biologi Kelas X Materi Pencemaran Lingkungan Berdasarkan Hasil Penelitian Pengaruh Kualitas Air Sungai Code Kota Yogyakarta Terhadap Pertumbuhan Ikan Molly Poecilia Sp. di Akuarium. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1600008136_JUDUL__230812081055.pdf

Download (762kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1600008136_BAB_I__230812081055.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1600008136_BAB_II__230812081055.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1600008136_BAB_III__230812081055.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1600008136_BAB_IV__230812081055.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1600008136_BAB_V__230812081055.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1600008136_DAFTAR_PUSTAKA__230812081055.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan pengembangan sumber belajar dari lingkungan yang perlu dioptimalkan untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran. Air sungai dimanfaatkan secara luas dalam berbagai bidang kehidupan baik untuk kebutuhan MCK hingga kebutuhan industri dan budidaya ikan. Dalam kegiatan budidaya ikan baik ikan konsumsi maupun ikan hias kualitas air menjadi salah satu penentu keberhasilan produksi.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kualitas air sungai code kota Yogyakarta dan mengetahui potensi hasil penelitian sebagai sumber belajar biologi SMA kelas X materi pencemaran lingkungan.
Penelitian ini dilakukan selama 20 hari pada bulan mei - juni 2023. Pengambilan sampel air sungai dilakukan di daerah kota Yogyakarta bagian selatan jembatan Gondolayu, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, DIY. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 perlakuan dan diulang sebanyak 3 kali. Parameter kualitas air yang diukur suhu air, pH air, Total Dissolve Solid (TDS) dan Electrical Conduction (EC), selain itu diukur pertumbuhan ikan berupa pertambahan panjang dan berat serta tingkat kelangsungan hidup ikan molly. Teknik analisis yang digunakan ialah teknik uji Two Way Anova. Dilakukan Analisis potensi sumber belajar dari hasil penelitian pengaruh kualitas air sungai code kota Yogyakarta terhadap pertumbuhan ikan molly menggunakan enam tahapan suhardi. Penyususnan leaflet pembelajaran berdasarkan hasil penelitian biologi hanya dibatasi sampai penilaian ahli, Teknik pengmbilan data melalui angket penilian kualitas media, teknik analisis data mengacu pada skala penilaian kualitas media menurut Sugiyono.
Rata – rata berat mutlak pada perlakuan A (air sungai) dan perlakuan B (air sumur) sama yaitu 0,22 gram. Panjang mutlak perlakuan A dengan rata – rata 0,20 cm dan perlakuan B rata – rata 0,23 cm. Hasil survival rate pada perlakuan A sebesar 80�n perlakuan B sebesar 90%. Suhu air pada perlakuan A 29,6°C dan perlakuan B 29,7°C. Hasil pengukuran pH pada perlakuan A rata – rata 8,00 dan perlakuan B rata – rata 7,98. Hasil TDS pada penelitian ini menunjukkan rata – rata 191,3 mg/l pada perlakuan A dan 233 mg/l pada perlakuan B. Hasil EC pada penelitian ini adalah 407,6 mS/cm pada perlakuan A dan perlakuan B 492,4 mS/cm. Hasil ini menunjukan bahwa penggunaan air sungai code tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan molly. Berdasarkan analisis potensi sumber belajar diperoleh hasil penelitian yang berpotensi sebagai sumber belajar biologi kelas X materi pencemaran lingkungan. Penilaian kualitas leaflet pembelajaran menurut ahli media aspek ukuran konten, desain sampul konten dan isi 74% kategori baik dan ahli materi aspek isi, komunikasi, penyajian dan kontekstual 24% kategori tidak baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Ikan molly, Kualitas air, Pencemaran, Pertumbuhan, Sungai Code
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QR Microbiology
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 24 Feb 2025 03:58
Last Modified: 24 Feb 2025 03:58
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82059

Actions (login required)

View Item View Item