Sharon, Risa Rizki (2023) Perlindungan konsumen yang dirugikan dalam jasa titip online melalui instagram. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900024104_JUDUL__230301114456.pdf Download (542kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900024104_BAB_I__230301114456.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900024104_BAB_II__230301114456.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900024104_BAB_III__230301114456.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900024104_BAB_IV__230301114457.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900024104_DAFTAR_PUSTAKA__230301114457.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900024104_LAMPIRAN__230301114457.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900024104_NASKAH_PUBLIKASI__230301114457.pdf Download (438kB) |
Abstract
Perkembangan sistem belanja online telah menciptakan peluang bisnis baru yang dikenal oleh masyarakat sebagai jasa titip online. Transaksi dalam jasa titip tidak jarang menimbulkan berbagai konflik yang melibatkan antara pelaku usaha jasa titip dan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Perlindungan konsumen jasa titip online melalui instagram (2) Bentuk tanggung jawab pelaku usaha apabila konsumen mengalami ketidaksesuaian barang jasa.
Penelitian ini menggunakan penelitian normatif empiris (empirical normative legal research) yaitu pendekatan yang diperoleh langsung dari subjek penelitian serta peraturan perundang-undangan yang memiliki hubungan dengan penelitian ini. Sumber data primer yaitu para konsumen yang mengalami ketidaksesuaian barang jasa titip sebagai narasumber dan pelaku usaha jasa titip online. Sumber data sekunder yaitu bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi kepustakaan. Metode analisis data yang diperoleh menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian dari perlindungan konsumen yang dirugikan dalam jasa titip online melalui instagram adalah sebagai berikut Perlindungan Konsumen Jasa Titip Dalam Peraturan Perundang-Undangan, Perlindungan Konsumen Jasa Titip Yang Mengalami Ketidaksesuaian Dalam Praktiknya, Pertanggungjawaban Pelaku Usaha Jasa Titip Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Perlindungan hukum preventif yang diberikan yaitu memberikan sosialisasi pendidikan konsumen terhadap hak dan perlindungan konsumen atas ketidaksesuaian barang jasa titip yang diterima dan perlindungan hukum represif yang diberikan yaitu adanya penyelesaian sengketa dapat dilakukan dengan litigasi dan non litigasi. Penyelesaian sengketa dengan litigasi diselesaikan melalui Pengadilan dan penyelesaian sengketa non litigasi dengan dibentuk Badan Perlindungan Konsumen Nasional, Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat, dan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | jasa titip online, ketidaksesuaian barang, perlindungan konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce K Law > K Law (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Law (Fakultas Hukum) > S1-Law Science (S1-Hukum) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 02:03 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 02:03 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82212 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |