Purnamasari, Arlinda (2023) Pemerolehan Pragmatik pada Anak Usia 4 Tahun dan Kaitannya dengan Bahan Ajar Psikolinguistik. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900003121_JUDUL__230602093859.pdf Download (763kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900003121_BAB_I__230601065917.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900003121_BAB_II__230601065917.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900003121_BAB_III__230601065917.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900003121_BAB_IV__230601065917.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900003121_BAB_V__230601065917.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900003121_DAFTAR_PUSTAKA__230601065917.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900003121_LAMPIRAN__230601065917.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kemampuan berbahasa anak yang semakin kompleks dan berkembang, serta referensi mata kuliah Psikolinguistik yang masih sedikit di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bentuk tindak tutur yang diperoleh anak usia 4 tahun, (2) mendeskripsikan bentuk presuposisi yang diperoleh anak usia 4 tahun, (3) mendeskripsikan bentuk implikatur yang diperoleh anak usia 4 tahun, (4) mendeskripsikan bentuk kesantunan yang diperoleh anak usia 4 tahun, dan (5) mendeskripsikan kaitan bahan ajar Psikolinguistik terhadap pemerolehan pragmatik anak usia 4 tahun.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa TK ABA Nitikan yang berusia 4 tahun, sedangkan objek penelitian ini adalah bentuk-bentuk pemerolehan pragmatik yang dituturkan anak usia 4 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dan metode cakap dengan teknik simak libat cakap (SLC), teknik cakap semuka, teknik rekam, dan teknik catat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah telepon genggam dan kartu data. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan pragmatis dengan teknik pilah unsur tertentu (PUP).
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Bentuk tindak tutur yang diperoleh anak usia 4 tahun meliputi tindak tutur representatif terdiri dari 98 data (41%), tindak tutur direktif 61 data (26%), tindak tutur komisif 22 data (9%), tindak tutur ekspresif 16 data (7%), tindak tutur deklaratif 6 data (2%), dan tindak tutur perlokusi 35 data (15%). (2) Bentuk presuposisi yang diperoleh anak usia 4 tahun meliputi presuposisi eksistensial sebanyak 4 data (23%), presuposisi struktural sebanyak 11 data (65%), dan presuposisi kontrafaktual sebanyak 2 data (12%). (3) Bentuk implikatur yang diperoleh anak meliputi maksim kualitas sebanyak 17 data (23%), maksim kuantitas sebanyak 19 data (25%), maksim relevansi sebanyak 27 data (36%), dan maksim cara 12 data (16%). (4) Bentuk kesantunan yang diperoleh anak usia 4 tahun meliputi meminta tolong sebanyak 7 data (29%), berterima kasih sebanyak 5 data (21%), meminta maaf sebanyak 5 data (21%), dan meminta izin sebanyak 7 data (29%). (5) pemerolehan pragmatik anak dapat dikaitkan dalam bahan ajar Psikolinguistik dengan mengacu pada RPS melalui modul sederhana.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | pemerolehan pragmatik, anak usia 4 tahun, psikolinguistik, bahan ajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 03:04 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 03:04 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82929 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |