Analisis Gerakan Literasi Sekolah pada Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 6 pada Peserta Didik Kelas 5 di SD Negeri Wonolelo

Fadillah, Fatharani (2025) Analisis Gerakan Literasi Sekolah pada Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 6 pada Peserta Didik Kelas 5 di SD Negeri Wonolelo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005320_JUDUL__250408104901.pdf

Download (952kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005320_BAB_I__250408100634.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005320_BAB_II__250408100634.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005320_BAB_III__250408100634.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005320_BAB_IV__250408100635.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005320_BAB_V__250408100635.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005320_DAFTAR_PUSTAKA__250408100635.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005320_LAMPIRAN__250408100635.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA] Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_2000005320_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250408100635.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43MB) | Request a copy

Abstract

Gerakan Literasi Sekolah merupakan suatu upaya kerjasama pemerintah dan sekolah Gerakan Literasi Sekolah merupakan inisiatif kolaboratif antara pemerintah dan institusi pendidikan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa di Indonesia. Dalam hal ini, pemerintah meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, termasuk program Kampus Mengajar bagi mahasiswa, yang bertujuan untuk meningkatkan literasi di sekolah-sekolah dengan tingkat literasi rendah, terutama di daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Terpelosok).. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah pasa peserta didik kelas 5 yang diadakan oleh mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 6 di SD Negeri Wonolelo, lalu point yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaanya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas 5, dua mahasiswa dari Kampus Mengajar Angkatan 6, dan tiga siswa kelas 5. Fokus penelitian adalah program Gerakan Literasi Sekolah di kelas 5 SD Negeri Wonolelo selama pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 6. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber yaitu subjek penelitian dan triangulasi data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peserta didik yang tadinya mempunyai nilai AKM literasi 58%,setelah dilakukannya program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri Wonolelo mengalami peningkatan nilai AKM literasi 65%, dengan kenaikan 7%. Peningkatan ini dipicu kegiatan yang inovasi seperti kunjungan perpustakaan, pojok baca, pelestarian lingkungan, Ecoprint, dan pembuatan poster edukasi serta teknologi adaptif melalui media audio visual, seperti video edukasi, membantu siswa memahami dan mengingat informasi. (2) Konsep kegiatan Gerakan Literasi Sekolah yang baik, didukung oleh dukungan emosional dan fasilitas sekolah, menjadi faktor pendukung keberhasilannya. (3) Jadwal yang bersamaan antara kuliah mahasiswa dan kegiatan di sekolah, serta fasilitas yang belum semuannya meadi dan dapat digunakan menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah oleh mahasiswa Kampus Mengajar di SD Negeri Wonolelo.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Gerakan Literasi Sekolah, Kampus Mengajar, Sekolah Dasar, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 17 Apr 2025 05:57
Last Modified: 17 Apr 2025 05:57
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82989

Actions (login required)

View Item View Item