Pengembangan Media Video Animasi “Powtoon” Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD

Nurfatihah, Noti (2024) Pengembangan Media Video Animasi “Powtoon” Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005268_JUDUL__240924115122.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005268_BAB_I__240924114054.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005268_BAB_II__240924114054.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005268_BAB_III__240924114054.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005268_BAB_IV__240924114054.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005268_BAB_V__240924114054.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005268_DAFTAR_PUSTAKA__240924114637.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005268_LAMPIRAN__240924114054.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005268_NASKAH_PUBLIKASI__240924114054.pdf

Download (328kB)

Abstract

Karena guru tidak menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu, siswa menganggap pelajaran sains tidak menarik dan menantang, yang menurunkan antusiasme mereka terhadap apa yang mereka pelajari. Pra-penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam PTS dan PAS untuk mata kuliah sains masih di bawah KKTP. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas empat di sekolah dasar dengan menerapkan materi pembelajaran interaktif dalam bentuk konten video animasi. ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate) adalah model pengembangan yang digunakan. Ada dua uji coba yang diadakan. Sepuluh siswa berpartisipasi dalam uji coba pertama, sementara dua puluh siswa berpartisipasi dalam uji coba kedua. Tes, penilaian validasi ahli, evaluasi guru dan siswa, wawancara, dan observasi semuanya digunakan dalam proses pengumpulan data. Setelah melakukan uji-t sampel berpasangan, temuan menunjukkan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000, yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar pretest dan posttest, hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media animasi “powtoon” dalam pembelajaran IPA berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Pembelajaran IPAS, Hasil Belajar, Media Video Animasi, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 22 Apr 2025 02:03
Last Modified: 22 Apr 2025 02:03
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83027

Actions (login required)

View Item View Item