Nurfatihah, Noti (2024) Pengembangan Media Video Animasi “Powtoon” Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900005268_JUDUL__240924115122.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900005268_BAB_I__240924114054.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900005268_BAB_II__240924114054.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900005268_BAB_III__240924114054.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900005268_BAB_IV__240924114054.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900005268_BAB_V__240924114054.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005268_DAFTAR_PUSTAKA__240924114637.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900005268_LAMPIRAN__240924114054.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005268_NASKAH_PUBLIKASI__240924114054.pdf Download (328kB) |
Abstract
Karena guru tidak menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu, siswa menganggap pelajaran sains tidak menarik dan menantang, yang menurunkan antusiasme mereka terhadap apa yang mereka pelajari. Pra-penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam PTS dan PAS untuk mata kuliah sains masih di bawah KKTP. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas empat di sekolah dasar dengan menerapkan materi pembelajaran interaktif dalam bentuk konten video animasi. ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate) adalah model pengembangan yang digunakan. Ada dua uji coba yang diadakan. Sepuluh siswa berpartisipasi dalam uji coba pertama, sementara dua puluh siswa berpartisipasi dalam uji coba kedua. Tes, penilaian validasi ahli, evaluasi guru dan siswa, wawancara, dan observasi semuanya digunakan dalam proses pengumpulan data. Setelah melakukan uji-t sampel berpasangan, temuan menunjukkan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000, yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar pretest dan posttest, hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media animasi “powtoon” dalam pembelajaran IPA berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pembelajaran IPAS, Hasil Belajar, Media Video Animasi, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 02:03 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 02:03 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83027 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |