Pengembangan Modul Berbasis Canva pada Materi Surat Pribadi dan Surat Resmi Kelas VII

Yudoyono, Susilo Bambang (2024) Pengembangan Modul Berbasis Canva pada Materi Surat Pribadi dan Surat Resmi Kelas VII. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000003067_JUDUL__241214094434.pdf

Download (841kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000003067_BAB_I__241213094925.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000003067_BAB_II__241213094925.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000003067_BAB_III__241213094926.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000003067_BAB_IV__241213094926.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000003067_BAB_V__241213094926.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000003067_DAFTAR_PUSTAKA__241213094926.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA] Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_2000003067_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__241213094926.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik dalam proses belajar terutama dalam terbatasnya waktu pembelajaran di sekolah sehingga tidak memiliki waktunya yang cukup untuk memahami materi secara mendalam. Oleh karena itu dibutuhkan bahan ajar berupa modul pembelajaran yang dapat diakses secara mandiri, memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecepatan mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan (1) mengembangkan bahan ajar berupa modul berbasis canva pada surat pribadi dan surat resmi, (2) mendeskripsikan kelayakan pengembangan modul ajar berbasis canva pada materi surat pribadi dan surat resmi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode R & D (Research and Development) dengan menggunakan model pegembangan ADDIE terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu tahap analisis, tahapa desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, wawancara, dan observasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini bersumber dari para ahli validasi yaitu ahli materi, ahli media, ahli pengajaran, dan peserta didik. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) pengembangan produk yang dilakukan pada modul materi surat pribadi dan surat resmi menggunakan berbasis canva dengan melalui lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi; (2) hasil kelayakan modul ajar berbasis canva yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat sesuai berdasarkan penilaian dari para ahli materi, ahli media, ahli pengajaran, dan respon peserta didik penilaian yang diperoleh dari ahli materi sebanyak 92,6, ahli media sebanyak 81,1, ahli pengajaran sebanyak 90, dan pengguna respon peserta didik sebanyak 76. Berdasarkan penilaian maka diperoleh nilai rata-rata sebanyak 84,9.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Modul, Canva, Surat Pribadi, Surat Resmi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 22 Apr 2025 02:18
Last Modified: 22 Apr 2025 02:18
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83085

Actions (login required)

View Item View Item