Keterbacaan Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII Berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi Karangan Yadi Mulyadi DKK, Terbitan Yrama Widya

Ahyani, Fahmi (2023) Keterbacaan Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII Berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi Karangan Yadi Mulyadi DKK, Terbitan Yrama Widya. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1700003050_JUDUL__231229022132.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1700003050_BAB_I__231229022132.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1700003050_BAB_II__231229022132.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1700003050_BAB_III__231229022132.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1700003050_BAB_IV__231229022132.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1700003050_BAB_V__231229022132.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1700003050_DAFTAR_PUSTAKA__231229022132.pdf

Download (168kB)

Abstract

Buku Teks merupakan alat bantu peserta didik untuk memahami suatu bacaan sehingga pembaca dapat menyaring informasi-informasi penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mendeskripsikan keterbacaan pada buku teks pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTS kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi Yadi Mulyadi, dkk terbitan Yrama Widya, dan 2) Mendeskripsikan kesesuaian teks di dalam buku teks pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTS kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi Yadi Mulyadi, dkk terbitan Yrama Widya.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian studi pustaka. Subjek pada penelitian menggunakan buku teks Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII Berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi Yadi Mulyadi, dkk Terbitan Yrama Widya yang berjudul Buku Siswa Bahasa Indonesia. Objek penelitian ini adalah teks yang berjumlah 16 teks yang terdiri dari 3 teks berita, 1 teks iklan, slogan, dan poster, 2 teks eksposisi, 3 teks eksplanasi, 3 teks ulasan dan 2 teks persuasi dan 2 teks drama. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan metode dokumentasi, teknik yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan merupakan manusia dan dokumen resmi dengan menggunakan rumus formula fog index.
Hasil penelitian menunjukan Keterbacaan buku teks pada buku siswa bahasa Indonesia untuk SMP/MTs kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 karangan Yadi Mulyadi terbitan Yrama Widya, dianggap mudah untuk di pahami. Ketetapan tersebut berdasarkan pada hasil penelitian yang membuktikan nilai rata-rata keseluruhan teks yang telah diteliti menghasilkan nilai keterbacaan 5,77. Adapun rincian keterbacaan sebagai berikut, teks berita 1 menghasilkan nilai 4,66, teks berita 2 menghasilkan nilai 7,7, teks berita 3 menghasilkan nilai 7,73 teks iklan, slogan dan poster menghasilkan nilai 5,43, teks eksposisi 1 menghasilkan nilai 4,56, teks eksposisi 2 menghasilkan nilai 4,62, teks eksplanasi 1 menghasilkan nilai 3,34, teks eksplanasi 2 menghasilkan nilai 4,59, teks eksplanasi 3 menghasilkan nilai 3,63, teks ulasan 1 menghasilkan nilai 6,61, teks ulasan 2 menghasilkan 7,58, teks ulasan 3 menghasilkan nilai 5,10, teks persuasi 1 menghasilkan nilai 4,30, teks persuasi 2 menghasilkan nilai 4,29, teks drama 1 menghasilkan nilai 13,3, teks drama 2 menghasilkan nilai 4,93. Kesesuaian teks telah sesuai dengan kurikulum 2013 karena memuat jenis teks faktual yakni teks berita, jenis teks tanggapan yakni teks iklan, slogan, dan poster, eksposisi, ulasan, persuasi dan jenis teks cerita yakni teks eksplanasi, drama.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Keterbacaan, buku teks, dan Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LT Textbooks
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 05 May 2025 06:32
Last Modified: 05 May 2025 06:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83374

Actions (login required)

View Item View Item