Strategi Guru ISMUBA dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran ISMUBA Pasca Era Covid-19 di SMP Muhammadiyah 1 Gamping Sleman

Ilham, Muhamad (2024) Strategi Guru ISMUBA dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran ISMUBA Pasca Era Covid-19 di SMP Muhammadiyah 1 Gamping Sleman. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800031088_JUDUL__241223012305.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800031088_BAB_I__241223012305.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800031088_BAB_II__241223012305.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800031088_BAB_III__241223012305.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800031088_BAB_IV__241223012305.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800031088_BAB_V__241223012305.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800031088_DAFTAR_PUSTAKA__241223015249.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800031088_LAMPIRAN__241223015249.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA] Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_1800031088_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__241223114502.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Muhamad Ilham (1800031088), Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan.

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah adanya perubahan kebijakan pembelajaran di sekolah SMP Muhammadiyah 1 Gamping Sleman yakni yang semulanya online menjadi ofline. Tujuan penelitian ini adalah; (1) Seperti apa kondisi pembelajaran ISMUBA di SMP Muhammadiyah 1 Gamping Sleman; (2) Bagaimana strategi pembelajaran ISMUBA untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pasca Covid-19; (3) Apa manfaat strategi pembelajaran ISMUBA pasca pendemi Covid-19.

Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif, beberapa pengumpulan data wawancara, obserfasi dan dokumentasi dengan data primer tiga orang guru yang masing-masing mengajar mata pelajaran ISMUBA. Data sekunder didapat melalui buku, artikel jurnal dan media internet, yang menyesuaikan dengan penelitian ini.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi dan kondisi pembelajaran memiliki peranan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di SMP Muhammadiyah 1 Gamping Sleman diantranya; (1) Kondisi Pembelajaran ISMUBA Pasca Era Covid-19 di SMP Muhammadiyah 1 Gamping Sleman telah berubah menjadi tatap muka (offline) hal tersebut menjadikan pemeblajaran mengalami peningkatan; (2) Strategi pembelajaran ISMUBA untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ISMUBA pasca era covid-19 di SMP Muhammadiyah 1 Gamping Sleman menggunakan strategi blender e-learning yang berbasis komputer dan disesuaikan dengan gaya belajar siswa; (3) Manfaat strategi pembelajaran Guru ISMUBA pasca era covid-19 di SMP Muhammadiyah 1 Gamping Sleman memberikan manfaat seperti ketercapaian nilai yang meningkat, serta minat dan ketertarikan siswa dalam belajar mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Guru, Pendidikan Agama Islam, Strategi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 09 May 2025 01:40
Last Modified: 09 May 2025 01:40
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83420

Actions (login required)

View Item View Item