Paramitha, Laisya Adhis (2025) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Disiplin Madrasah Aliyah Negeri 3 Bogor. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800031133_JUDUL__250221075824.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800031133_BAB_I__250221075824.pdf Download (586kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800031133_BAB_II__250221075824.pdf Restricted to Registered users only Download (852kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800031133_BAB_III__250221075824.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800031133_BAB_IV__250221075824.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800031133_BAB_V__250221075824.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800031133_DAFTAR_PUSTAKA__250221075824.pdf Download (390kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800031133_LAMPIRAN__250221075824.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_1800031133_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250221092732.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan pendidikan wajib disekolah salah satunya karakter disiplin yang harus diajarkan di MAN 2 Bogor karena siswa yang memiliki karakter disiplin akan lebih mudah untuk mencapai tujuan pribadi mereka, seperti memiliki kemampuan mengatur waktu yang baik, mampu bekerja secara mandiri, serta dapat menyelesaikan tugas dengan tepat dan teratur. Disiplin juga membantu siswa untuk mengembangkan kebiasaan positif yang dapat mendukung pembentukan karakter yang lebih baik di masa depan. Tujuan penelitiannya untuk mengetahui peran guru PAI, bentuk-bentuk pelaksanaan PAI dan mengetahui adanya faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter disiplin siswa.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatannya dengan menggunakan pendekatan deskriptif karena data yang diperoleh seperti hasil pengamatan, wawancara, catatan lapangan dan tidak dituangkan dalam bentuk angka. Peneliti menggali tentang peran guru PAI dalam pembentukan karakter disiplin MAN 3 Bogor. Subjek penelitian ini adalah satu guru PAI, satu guru mata pelajaran umum, satu staff kesiswaan dan tiga puluh delapan siswa kelas IPA 2 MAN 3 Bogor. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan model analisis yaitu mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan, pertama, peran guru PAI dalam membentuk karakter kedisiplinan bahwa guru PAI memiliki peran: guru sebagai pendidik, guru sebagai pengajar, guru sebagai sumber belajar, guru sebagai fasilitator, guru sebagai manajer, guru sebagai penggerak, guru sebagai motivator, guru sebagai evaluator, guru sebagai konselor, dan guru sebagai mediator; kedua, pelaksanaan pembelajaran PAI dalam membentuk karakter kedisiplinan (a) keteladanan, pembiasaan, pemberian nasihat, perhatian/pengawasan, reward dan punishment (b) cara penanaman kedisiplinan anak melalui disiplin waktu, tidak menunda pekerjaan; ketiga, faktor pendukung berupa konsistensi anak itu sendiri, sikap pendidik, adapun faktor penghambat, pengaruh teman sebaya, pergaulan yang tidak baik, diri anak sendiri yang tidak ada kemauan berdisiplin
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Disiplin, Karakter, Peran Guru, Pendidik, Profesional |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 09 May 2025 02:23 |
Last Modified: | 09 May 2025 02:23 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83466 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |