Kurniawan, Wisnu (2023) Peran Guru dalam Penanaman Karakter Disiplin pada saat Proses Pembelajaran di SD Muhammadiyah Blawong 1 Jetis. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800005193_JUDUL__230626103836.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800005193_BAB_I__230626103836.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800005193_BAB_II__230626103837.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800005193_BAB_III__230626103837.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800005193_BAB_IV__230626103837.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800005193_BAB_V__230626103837.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005193_DAFTAR_PUSTAKA__230626103837.pdf Download (474kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800005193_LAMPIRAN__230626103837.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Karakter disiplin yang rendah pada peserta didik berpengaruh dalam perilaku di kehidupannya. Kedisiplinan tidak hanya berlaku di lingkungan keluarga atau tempat tinggal namun kedisiplinan juga berlaku di lingkungan sekolah dengan diterapkan pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Peran Guru Dalam Penanaman Karakater Disiplin Pada Saat Proses Pembelajaran Di SD Muhammadiyah Blawong 1 Jetis dan faktor yang mempengaruhi penanaman karakter disiplin dalam pembelajaran.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah Blawong 1 Jetis. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik, sedangkan objek penelitian adalah peran guru dalam mengembangkan karakter disiplin peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mengembangkan karakter disiplin pada pembelajaran antara lain : guru sebagai pengajar, pembimbing, pendidik, mediator dan fasilitator. Faktor pendukungnya yaitu sarana dan prasarana yang memadai, guru selalu menasehati peserta didik yang melanggar peraaturan, guru dapat mengendalikan kelas agar pembelajaran menjadi kondusif dengan menerangkan pembelajaran yang menyenangkan, sikap disiplin dan kesadaran peserta didik akan kedisiplinan. Faktor penghambatnya adalah masih terdapat peserta didik yang berseragam tidak lengkap.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Peran guru, Karakter Disiplin, Peserta Didik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 10 May 2025 02:28 |
Last Modified: | 10 May 2025 02:28 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83515 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |