Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Construct 2 Materi Pancasila Kelas II Sekolah Dasar

Mukti, Kurnia Putri Nur Wijaya (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Construct 2 Materi Pancasila Kelas II Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005313_JUDUL__241125014823.pdf

Download (926kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005313_BAB_I__241125014823.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005313_BAB_II__241125014823.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005313_BAB_III__241125014823.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005313_BAB_IV__241125014823.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005313_BAB_V__241125014823.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005313_DAFTAR_PUSTAKA__241125014823.pdf

Download (255kB)

Abstract

Pada proses pembelajaran, dua unsur yang amat penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat memperlancar proses belajar mengajar sehingga tercapainya tujuan pembelajaran. Salah satu software yang dapat digunakan untuk membantu membuat media pembelajaran interaktif berupa aplikasi yaitu Construct 2 yang didesain khusus untuk tampilan 2 dimensi. Media pembelajaran berbasis Construct 2 berisi materi, video, dan soal latihan yang akan di desain dengan berbagai gambar, audio, video, teks dan komponen pendukung lainnya sehingga lebih efisien, menarik, dan siswa dapat dengan mudah berinteraksi dengan media pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, media pembelajaran dapat membantu siswa dalam mempelajarai materi pembelajaran khususnya Pancasila.
Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), yang bertujuan untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada. Prosedur pengembangan yang dipilih adalah model penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasai dan digunakan oleh Cunningham menjadi 6 tahapan dari 10 tahapan awal. Modifikasi tersebut dilakukan karena keterbatasan peneliti dalam hal pelaksanaan uji lapangan serta diseminasi.
Penilaian kelayakan media pembelajaran interaktif ditinjau dari segi media dan materi. Hasil penilaian yang dilakukan ahli media memperoleh skor rata-rata 3,4 dengan kategori “Layak”, ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,4 dengan kategori “Layak”, penilaian dari guru memperoleh skor rata-rata 3,4 dengan kategori “Layak”, dan penilaian dari siswa yang memperoleh persentase rata-rata 88�ngan kategori “Layak”. Berdasarkan uraian dan hasil penilaian di atas, maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran ini dinyatakan “Layak” untuk digunakan dalam materi bunyi dan simbol sila-sila Pancasila.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Construct 2, Media pembelajaran, Pancasila
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 23 May 2025 03:47
Last Modified: 23 May 2025 03:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83795

Actions (login required)

View Item View Item