Putra, Mukhamad Rizal Syah (2024) Bentuk Pertahanan Ego Tokoh Sedang dalam Naskah Terdampar Karya Slawomir Mrozek dan Kesesuaian Pembelajaran Teks Drama di SMA Kelas 11. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800003144_JUDUL__241008074043.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800003144_BAB_I__241008074139.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800003144_BAB_II__241008074043.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800003144_BAB_III__241008074043.pdf Restricted to Registered users only Download (19kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800003144_BAB_IV__241008074043.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800003144_BAB_V__241008074043.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800003144_DAFTAR_PUSTAKA__241008074043.pdf Download (62kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800003144_NASKAH_PUBLIKASI__241008074043.pdf Download (373kB) |
Abstract
Karakter seseorang merupakan sesuatu yang berkaitan dengan pengalaman hidupnya. Naskah drama Na Pelnym Morzu karya Slawomir Mrozek yang diterjamahkan oleh A. Kasim Ahmad dengan judul Terdampar merupakan sebuah naskah absurd yang pernah dipentaskan oleh kelompok Teater Jaringan Anak Bahasa (JAB) di Gedung kesenian Pringgolayan pada tahun 2022 dalam rangka pembelajaran untuk calon anggota teater JAB. Naskah ini tidak memiliki latar belakang survival, mereka mencoba bertahan sebisa mungkin dengan apa yang mereka miliki sampai ada orang lain yang menemukan. Cerita ini berfokus pada peristiwa ketika mereka bertiga sudah mulai kehabisan bahan pangan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode simak dan catat. Hasil dari penelitian ini ditemukan teori psikologi Sigmund Freud, yang diidentifikasi meliputi reaksi formasi, rasionalisasi dan penyangkalan. Dalam penelitian ini proses pembentukan karakter tokoh “Sedang“ pengaruh dari id dalam perilaku tokoh “Sedang” berjumlah (3) data, pengaruh dari Superego berjumlah (4) data, dan pengaruh ego sejumlah (2) data. Kemudian kesesuaian naskah drama Terdampar sebagai bahan ajar juga terpenuhi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pertahahnan Tokoh, Terdampar, Pembelajaran Sastra |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 May 2025 03:00 |
Last Modified: | 28 May 2025 03:00 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83843 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |