Nashrullah, Fathan (2025) Pengaruh Self-Disclosure terhadap Komunikasi Interpersonal di SMP Muhammadiyah Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2100001120_JUDUL__250410110617.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2100001120_BAB_I__250408120951.pdf Download (497kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2100001120_BAB_II__250408120951.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2100001120_BAB_III__250408120951.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2100001120_BAB_IV__250408120951.pdf Restricted to Registered users only Download (998kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2100001120_BAB_V__250408120951.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2100001120_DAFTAR_PUSTAKA__250408120951.pdf Download (489kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2100001120_LAMPIRAN__250408120952.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_2100001120_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250408120951.pdf Restricted to Registered users only Download (23MB) | Request a copy |
Abstract
Komunikasi interpersonal memiliki peran penting dalam membangun hubungan yang harmonis dan efektif di lingkungan sosial, termasuk di lingkungan sekolah. Kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi secara interpersonal dapat memengaruhi proses interaksi sosial serta mendukung keberhasilan akademik. Salah satu faktor yang dipandang dapat memengaruhi keberhasilan komunikasi interpersonal adalah self-disclosure, yaitu kemampuan individu untuk membuka diri dan mengungkapkan pikiran, perasaan, serta pengalaman kepada orang lain. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-disclosure terhadap komunikasi interpersonal pada peserta didik di SMP Muhammadiyah Bantul.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 340 peserta didik SMP Muhammadiyah Bantul dan sampel pada penelitian ini sebanyak 129 peserta didik yang ditentukan menggunakan teknik simple random sampling dengan metode undian. Pada penelitian ini skala self-disclosure dan skala komunikasi interpersonal digunakan untuk mengumpulkan data penelitian yang sebelumnya sudah teruji validitas isi, validitas konstruk, dan reliabilitasnya. Analisis data penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana
Hasil uji regresi linear sederhana menjawab hipotesis pada penelitian ini yakni Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh self-disclosure terhadap komunikasi interpersonal pada peserta didik SMP Muhammadiyah Bantul. Pengaruh self-disclosure terhadap komunikasi interpersonal berkontribusi sebesar 1,9% yang mana pengaruhnya kurang signifikan, sementara 98,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Temuan ini dapat menjadi dasar pertimbangan dalam merancang program bimbingan dan konseling yang fokus pada peningkatan self-disclosure dan komunikasi interpersonal. Layanan yang bisa diberikan untuk meningkatkan self-disclosure dan komunikasi interpersonal bisa menggunakan layanan bimbingan kelompok ataupun menggunakan layanan bimbingan konseling kelompok.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | self-disclosure, komunikasi interpersonal, hubungan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 03:49 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 03:49 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83976 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |