Pendekatan Culturally Responsive Teaching sebagai Pengembangan Materi Ajar Karya Fiksi untuk Mengasah Kompetensi Menulis Siswa Kelas VIII SMP

Kinanti, Aisa Hanum (2025) Pendekatan Culturally Responsive Teaching sebagai Pengembangan Materi Ajar Karya Fiksi untuk Mengasah Kompetensi Menulis Siswa Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2100003061_JUDUL__250324020446.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2100003061_BAB_I__250324020446.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2100003061_BAB_II__250324020446.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2100003061_BAB_III__250324020446.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2100003061_BAB_IV__250324020446.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2100003061_BAB_V__250324020446.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2100003061_DAFTAR_PUSTAKA__250324020446.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2100003061_LAMPIRAN__250324020446.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2100003061_NASKAH__250324020447.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA] Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_2100003061_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250324020446.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Culturally Responsive Teaching (CRT) merupakan pendekatan yang responsif terhadap kebudayaan tempat tinggal. Pendekatan CRT menjadi salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kompetensi menulis karya fiksi peserta didik kelas VIII SMP, peserta didik belum mampu memahami struktur dan kebahasaan karya fiksi, serta penggunaan kata konotasi dan denotasi pada karya fiksi. Kurangnya pemahaman peserta didik disebabkan materi yang terdapat pada buku tidak dijelaskan secara mendalam.Hal tersebut membuat peserta didik mengalami kesulitan pemahaman materi sehingga hasil tulisan tidak maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan pembelajaran menulis karya fiksi melalui pendekatan culturally responsive teaching (CRT); (2) mendeskripsikan pengembangan materi ajar karya fiksi melalui pendekatan culturally responsive teaching (CRT); (3) menguji kelayakan materi ajar karya fiksi melalui pendekatan culturally responsive teaching (CRT).
Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunungkidul. Objek penelitian berupa pengembangan materi ajar karya fiksi. Teknik dan instrumen yang digunakan yaitu melalui wawancara dan observasi serta analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil data dari angket yang telah diisi oleh ahli materi, ahli media/desain dan ahli pengajaran, hasil angket yang didapatkan akan diatur menggunakan skala Likert.
Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa (1) pendekatan Culturally Responsive Teaching belum digunakan, namun dalam pembelajaran guru sudah menggunakan contoh dalam kehidupan sehari-hari siswa seperti penggunaan kata konotasi yang sering digunakan seperti, kata meja hijau, gigit jari, tulang punggung, dan lain sebagainya; (2) pengembangan materi ajar karya fiksi melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching dilakukan berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan rancangan desain yang dibuat; (3) Culturally Responsive Teaching sebagai pendekatan dalam pengembangan materi ajar karya fiksi untuk mengasah kompetensi menulis siswa kelas VIII SMP dikategorikan “Sangat Layak” digunakan. Hal ini sesuai dengan hasil rata-rata yang diperoleh dari penelitian para ahli dengan jumlah 84,8. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Culturally Responsive Teaching sebagai pendekatan dalam pengembangan materi ajar karya fiksi untuk mengasah kompetensi menulis siswa kelas VIII SMP layak digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Pengembangan, Culturally Responsive Teaching, Karya Fiksi, Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 11 Jun 2025 06:34
Last Modified: 11 Jun 2025 06:34
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84134

Actions (login required)

View Item View Item