Pangesti, Ita Fuida (2023) Pendidikan Akhlak Siswa melalui Budaya Sekolah Islami di SMP Negeri 1 Imogiri. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1600031007_JUDUL__230724015416.pdf Download (819kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1600031007_BAB_I__230724015416.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1600031007_BAB_II__230724035418.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1600031007_BAB_III__230724034003.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1600031007_BAB_IV__230724034003.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1600031007_BAB_V__230724034003.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600031007_DAFTAR_PUSTAKA__230724034003.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1600031007_LAMPIRAN__230724034003.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
Abstract
PENDIDIKAN AKHLAQ SISWA MELALUI BUDAYA SEKOLAH ISLAMI DI SMP NEGERI 1 IMOGIRI
Oleh: Ita Fuida Pangesti
ABSTRAK
Kemerosotan akhlaq di kalangan siswa menengah pertama membuat kita harus peduli untuk mengemas pendidikan akhlaq yang menarik dan dapat dilaksanakan dengan baik oleh siswa, seperti dengan membentuk budaya sekolah Islami. Tujuan penilitian ini adalah (1) untuk mengetahui pendidikan akhlaq siswa melalui budaya sekolah Islami. (2) untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam pendidikan akhlaq siswa melalui budaya sekolah Islami. (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan Islami melalui budaya sekolah Islami.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan metode pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian menemukan pendidikan akhlaq melalui budaya sekolah Islami di SMP Negeri 1 Imogiri dilakukan dengan, metode pembiasaan pendidikan akhlaq terhadap Allah, manusia, dan lingkungan. pembiasaan ini dilakukan setiap hari untuk membentuk budaya ketaatan bagi siswa. Disini guru berperan sebagai teladan bagi siswa dengan memberi contoh secara langsung kepada siswa. Kemudian guru sebagai pengawas dan pendamping siswa agar selalu melaksanakan budaya yang telah ada. Faktor pendukung dari keberhasilan budaya sekolah Islami yaitu komitmen bersama, fasilitas yang dimiliki, antusias yang dimiliki siswa dan dukungan dari orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu lingkungan pergaulan yang dimiliki siswa dan beberapa orang tua yang kurang memotivasi siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pendidikan akhlaq, budaya sekolah, peran guru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 06:26 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 06:26 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84146 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |