Pengembangan Materi Ajar Artikel Ilmiah Populer dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Kompetensi Menulis Siswa Kelas VIII SMP

Rivanda, Amilia (2025) Pengembangan Materi Ajar Artikel Ilmiah Populer dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Kompetensi Menulis Siswa Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2100003014_JUDUL__250602030443.pdf

Download (689kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2100003014_BAB_I__250602025016.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2100003014_BAB_II__250602025016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2100003014_BAB_III__250602025016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2100003014_BAB_IV__250602025016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2100003014_BAB_V__250602030443.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2100003014_DAFTAR_PUSTAKA__250602025016.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2100003014_LAMPIRAN__250602030443.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA] Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_2100003014_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250602025016.pdf

Download (253kB)

Abstract

ABSTRAK
Culturally responsive teaching (CRT) merupakan pendekatan pembelajaran yang meyakini bahwa referensi yang ada dalam budaya merupakan aspek yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi menulis peserta didik yang disebabkan keterbatasan contoh, dan kendala dalam memahami langkah-langkah menulis artikel ilmiah populer. Tujuan penelitian ini yakni (1) mendeskripsikan kebutuhan pembelajaran pada materi artikel ilmiah populer; (2) mendeskripsikan pengembangan materi ajar artikel ilmiah populer berbasis kebudayaan; (3) mendeskripsikan kelayakan materi ajar artikel ilmiah populer berbasis kebudayaan. Selain itu, pembelajaran terfokus pada buku panduan peserta didik dan condong pembelajaran terfokus pada guru. Maka, penelitian ini akan menguji kelayakan materi ajar artikel ilmiah populer.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian R&D atau Research and Development. Metode yang digunakan yakni ADDIE yaitu analisis, desain, development, implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk menjabarkan hasil uji validasi, sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk menghitung skor hasil uji validasi dan menentukan kreteria produk.
Hasil penelitian dan pengembangan menunjukan bahwa (1)materi ajar artikel ilmiah populer dengan basis CRT belum digunakan oleh guru, maka pengembangan materi ajar dikembangkan sesuai dengan analisis kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran materi artikel ilmiah populer; (2) pengembangan materi ajar artikel ilmiah populer dengan pendekatan CRT yang dilakukan sesuai dengan hasil analisis kebutuhan dan desain perencanaan; (3) kelayakan penelitian ini terdapat dua langkah yakni validasi ahli materi yang mendapatkan skor 97 dengan predikat “sangat baik”. Ahli pengajaran mendapatkan skor 85 dengan predikat “sangat baik”. Maka, uji kelayakan pada penelitian ini mendapatkan skor keseluruhan 91 dengan predikat “sangat baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Pengembangan, Culturally Responsive Teaching, Artikel Ilmiah Populer, Menulis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 05 Jun 2025 08:03
Last Modified: 05 Jun 2025 08:03
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84076

Actions (login required)

View Item View Item