Qurizmi, Wisnu Alkhowarizmi Al (2024) Analisis hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan berdasarkan ranah kognitif taksonomi bloom kelas IV di SD Muhammadiyah Domban 3 Tempel. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005196_JUDUL__240401115900.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005196_BAB_I__240401115900.pdf Download (140kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005196_BAB_II__240401115900.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
|
Text (BAB III)
T1_1900005196_BAB_III__240401115900.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005196_BAB_IV__240401115900.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
Text (BAB V)
T1_1900005196_BAB_V__240401115900.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005196_DAFTAR_PUSTAKA__240401115900.pdf Download (191kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005196_LAMPIRAN__240401115900.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005196_NASKAH_PUBLIKASI__240401115900.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dilatar belakangi karena pentingnya mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Domban 3 Tempel untuk mengatahui sejauh mana siswa dapat menerima pembelajaran yang selama ini telah didapat terutama pada ranah kognitif nya. Karena hasil belajar siswa terutama pada ranah kognitif merupakan hal dasar yang perlu dikuasai oleh siswa agar siswa bisa menerima pembelajaran-pembelajaran selanjutnya yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan di kelas empat SD Muhammadiyah Domban 3 berdasarkan ranah kognitif Taksonomi Bloom, dan (2) Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Domban 3 Tempel, sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan berdasarkan ranah kognitif taksonomi Bloom. Metode pengumpulan data yaitu observasi, tes dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan yaitu dengan model Miles & Huberman.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut dari hasil penelitian yang sudah dilaukan, didapati hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan berdasarkan ranah kognitif taksonomi bloom siswa mengalami kesulitan belajar pada ranah pengetahuan nomer 1 sebesar 91,3�n nomer 2 21,73%, pada ranah pemahaman nomer tiga 21,73�n nomer empat 60,86%, pada ranah penerapan nomer lima 78,26�n nomer enam 86,95%, pada ranah analisis nomer tujuh 26�n nomer delapan 21,73%, pada ranah sintesis nomer Sembilan 60,86%, dan pada ranah evaluasi nomer sepuluh 47,82%. Adapun yang menjadi faktor kesulitan siswa dalam belajar matematika materi pecahan dikarenakan faktor internal siswa dan faktor eksternal siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | hasil belajar, matematika, pecahan, ranah kognitif taksonomi bloom |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | dian yunihasti |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 03:01 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 03:01 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61891 |
Actions (login required)
View Item |